Beijing (ANTARA) - Saham-saham China ditutup lebih rendah pada perdagangan Kamis, menghentikan kenaikan hari ketujuh berturut-turut karena investor merealisasikan akumulasi keuntungan mereka.

Indikator utama Indeks Komposit Shanghai turun 0,71 persen menjadi berakhir di 2.906,07 poin, sementara Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua Chinaditutup 0,7 persen lebih rendah pada 10.864,32 poin.

Nilai transaksi gabungan saham yang mencakup kedua indeks tersebut mencapai 871,1 miliar yuan (sekitar 124,8 miliar dolar AS), meningkat dari 790,07 miliar yuan pada hari perdagangan sebelumnya.

Jumlah saham turun melebihi yang naik, sebanyak 1.181 saham terhadap 278 saham di bursa Shanghai dan 1.661 saham terhadap 502 saham di bursa Shenzhen.

Perusahaan-perusahaan di sektor chips, fotovoltaik dan pertanian melihat pertumbuhan yang kuat dalam harga saham mereka, dengan saham Ingenic Semiconductor Co, Ltd melonjak pada batas harian 10 persen.

Saham-saham di sektor masker dan pendidikan daring memimpin kerugian.

Sementara itu, penyedia indeks global MSCI telah mengumumkan untuk menambah enam lagi saham-A China ke MSCI China A Onshore Index mulai 28 Februari, termasuk raksasa transportasi Beijing-Shanghai High-Speed ​​Railway yang memulai debutnya di pasar saham-A pada pertengahan Januari.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq China, kehilangan 0,99 persen menjadi ditutup pada 2.064,6 poin.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020