Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Tim Macan Kemayoran, Persija Jakarta mengalahkan tim asal Malaysia Sabah FA dengan skor 2-0 pada laga lanjutan turnamen pramusim Piala Gubernur Jawa Timur 2020, di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis.

Pada awal babak pertama, kedua tim mencoba untuk menyerang. Keduanya masih meraba pola permainan yang tengah dibangun. Hingga menit ke-15, kedua tim masih belum bisa memecah kebuntuan, namun tercatat beberapa kali tim Macan Kemayoran mendapatkan peluang.

Menit ke-33, pemain Persija Jakarta Alfath Faathier mendapatkan peluang emas, namun tendangan kerasnya masih berhasil ditepis kiper Sabah FA Azraie Wan.

Baca juga: Bhayangkara FC pimpin klasemen grup A Piala Gubernur Jatim

Tidak lama berselang, pada menit ke-35, bola mengenai tangan salah seorang pemain Sabah FA di dalam kotak penalti. Persija mendapatkan hadiah penalti yang dieksekusi dengan sempurna oleh Simic, 1-0 untuk Persija.

Keunggulan Persija bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, kedua tim berupaya untuk bermain lebih agresif. Baik Persija maupun Sabah FA saling bertukar serangan. Beberapa kali tercatat ada peluang, namun masih belum bisa dimanfaatkan secara optimal.

Pada menit ke-52, berawal dari sisi kanan pertahanan Sabah FA, Simic berhasil mengelabui barisan pertahanan tim besutan Kurniawan Dwi Yulianto tersebut, dan memberikan umpan matang kepada Rohid Chand, yang dimanfaatkan dengan sempurna dan menambah keunggulan Tim Macan Kemayoran 2-0.

Baca juga: Arema FC incar kemenangan tiap laga Piala Gubernur Jatim 2020

Sabah FA berupaya untuk memperkecil ketertinggalan, namun tendangan keras salah seorang pemain masih bisa ditepis oleh Andritany Ardhiyasa pada menit ke-60. Menit ke-64, Osvaldo Haay masuk menggantikan Evan Dimas.

Menit ke-84, Simic memperoleh peluang di depan gawang dan berhadapan dengan penjaga gawang Sabah FA. Namun, tendangan penyerang asal Kroasia tersebut masih melambung di atas mistar gawang.

Hingga peluit akhir dibunyikan, kedudukan tetap 2-0 untuk kemenangan Macan Kemayoran.

Baca juga: Persebaya atasi Persik 3-1 pada laga perdana Piala Gubernur Jatim

Pelatih Persija Jakarta Sergio Farias mengatakan bahwa kemenangan kedua pada turnamen pramusim Piala Gubernur Jawa Timur 2020 tersebut merupakan kemenangan yang penting, meskipun pada awal pertandingan sempat tertekan dengan pola permainan Sabah FA.

“Lawan menekan pada 10 menit pertama, kemudian kita bisa memperbaiki dan melakukan transisi,” kata Farias.

Menurut Farias, pemain sayap Persija Jakarta, yakni Riko Simanjuntak cukup agresif dan mampu memberikan tekanan kepada lawan. Selain itu, peran Riko juga mampu menahan serangan yang dibangun oleh tim asal Malaysia tersebut.

Baca juga: PSSI: Seluruh laga Piala Gubernur Jatim disiarkan langsung
Baca juga: Pemprov Jatim harapkan Piala Gubernur jadi momentum pemersatu suporter


“Kita punya agresivitas lebih banyak dari Riko, sehingga kita bisa blok transisi dari lawan,” ujar Farias.

Sementara itu, Pelatih Sabah FA Kurniawan Dwi Yulianto mengatakan bahwa kesalahan yang dilakukan pada pertandingan kali ini, tidak berbeda dengan kesalahan saat menghadapi Arema FC pada pertandingan sebelumnya. Kesalahan pada lini pertahanan, dimanfaatkan dengan maksimal oleh Persija untuk mencetak angka.

“Kesalahan bukan hanya di pertandingan hari ini saja. Pertahanan tidak disiplin dan menghadapi tim dari Liga 1 Indonesia, melakukan kesalahan itu fatal,” kata Kurniawan.Susunan pemain

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa, Otavio Dutrq, Alfath Faathier, Sandi Darma Sute,Ryuji Utomo Prabowo, Rohid Chand, Tony Sucipto, Evan Dimas Darmono, Riko Simanjuntak, Marco Motta, dan Marco Simic.
Pelatih: Sergio Farias

Sabah FA: Azraie Wan, Rawilson Batuil, Park Taesu, Randy Baruh Samson, Evan Wensley Wenceslaus, Azzizan Nordin, Hector Omar Ramos Lebron, Petrus Shitembi, Rodoliob Paunovic, Maxsius Musa, dan Dennis Buschening.
Pelatih: Kurniawan Dwi Yulianto

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020