Dispora Riau apresiasi swasta renovasi stadion jelang Piala Dunia U20

Dispora Riau apresiasi swasta renovasi stadion jelang Piala Dunia U20

Perwakilan PSSI meninjau rumput stadion utama Riau di Pekanbaru, Kamis (13/2). (ANTARA/HO-Pemprov Riau)

 Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau mengapresiasi bantuan perusahaan kertas dan bubur kertas terbesar di Asia, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang merenovasi Stadion Utama Riau untuk persiapan ajang Piala Dunia U-20 pada 2021.

"Total bantuan RAPP nanti diperkirakan Rp15 miliar," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau Doni Aprialdi di Pekanbaru, Kamis.

Doni Aprialdi mengatakan merenovasi Stadion Utama Riau adalah komitmen Pemprov guna menjadikan stadion itu sebagai salah satu venue pertandingan berkelas dunia.

Baca juga: PSSI cek kesiapan Riau sebagai kandidat tuan tumah

Dia juga berterima kasih atas bantuan RAPP sekaligus bangga ada perusahaan yang peduli dengan stadion yang menjadi aset kebanggaan warga Melayu itu.

Ia mengaku stadion yang pernah dipakai saat ajang PON XVIII tahun 2012 itu terbengkalai dan tidak terawat karena terbatasnya biaya. Lewat bantuan RAPP, ke depan stadion tersebut akan kembali bagus dan diharapkan bisa dipakai untuk kegiatan nasional dan internasional.

"Rencana perbaikan akan dimulai pertengahan tahun 2020," katanya.

Baca juga: Gubernur Riau minta dukungan pengusaha untuk Piala Dunia U20
Baca juga: Riau percantik Stadion Utama jelang Piala Dunia U-20

Doni Aprialdi mengatakan PT RAPP akan memperbaiki dan merenovasi bagian gedung yang sudah mulai rusak, mengganti rumput lapangan, lampu stadion, sistem pengeras suara, alat pencatat waktu, dan sebagainya.

Terkait upaya penentuan tuan rumah Piala Dunia U-20, Kadispora mengatakan sekitar 20 orang perwakilan dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) akan meninjau Stadion Utama Riau.

"Rombongan tersebut dipimpin oleh Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Komjen Pol M Iriawan. Peninjauan dilakukan selama satu hari saja," kata Doni.

Doni melanjutkan rombongan juga akan melihat beberapa stadion pendamping atau stadion mini yang akan digunakan sebagai tempat latihan tim nasional dari negara-negara peserta Piala Dunia U-20, seperti stadion mini markas kesebelasan Tiga Naga Riau.

Baca juga: Gubernur kesal Stadion Utama Riau tidak terawat

Diharapkan dari hasil peninjauan yang dilakukan tim FIFA tersebut bisa menjadikan Bumi Lancang Kuning sebagai tuan rumah.

Sebelumnya, FIFA menetapkan enam dari 10 stadion yang disiapkan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20 2021, yaitu Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Bogor, Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, Stadion Wibawa Mukti di Cikarang, Stadion Sijalak Harupat di Bandung, dan Stadion Bandung Lautan Api di Bandung.

Baca juga: Gubernur: Sumsel siap jadi tuan rumah

Pewarta: Vera Lusiana
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemprov Riau terima bantuan 8500 APD dan 4800 alat rapid test

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar