IMI sebut Formula E Di Jakarta tidak terpengaruh virus corona

IMI sebut Formula E Di Jakarta tidak terpengaruh virus corona

Ketua Ikatan Motor Indonesia Pusat Sadikin Aksa dalam acara media briefing Formula E di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020). (ANTARA/ Livia Kristianti)

FIA dan Formula E Organization (FEO) selalu berkoordinasi dengan World Health Organization (WHO) untuk memastikan penyelanggaraan ajang- ajang balap tidak terganggu oleh virus yang berasal dari Provinsi Wuhan itu.
Jakarta (ANTARA) - Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang terafiliasi langsung dengan penyelenggara balap resmi Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) mengatakan belum ada larangan penyelenggaraan ajang balap Formula E di Jakarta terkait dengan penyebaran virus Corona di kawasan Asia.

"Penyelenggaraan F1 di Shanghai memang dibatalkan karena pertimbangan virus Corona oleh FIA. Memang penyelengaraan Formula- formula di Asia sedang diawasi. Namun belum berdampak untuk penyelenggaran Formula E di Indonesia," kata Ketua IMI Pusat Sadikin Aksa dalam media briefing mengenai Formula E di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat.

Sadikin mengatakan pertimbangan untuk memberhentikan ajang balap seperti Formula E memang memakan waktu untuk membuat pertimbangan yang matang karena terkait dengan logistik serta pengadaan infrastruktur.

Baca juga: Jakpro sampaikan rincian penggunaan dana untuk perhelatan Formula E

Baca juga: Jakpro perkirakan keuntungan Formula E capai Rp600 miliar per acara

Baca juga: Jakpro dan FIA resmi umumkan penyelenggaraan Formula E di Monas


Meski demikian FIA dan Formula E Organization (FEO) selalu berkoordinasi dengan World Health Organization (WHO) untuk memastikan penyelanggaraan ajang- ajang balap tidak terganggu oleh virus yang berasal dari Provinsi Wuhan itu.

Pernyataan Sadikin itu dikuatkan oleh Direktur Utama Jakarta Propertindo yang berperan sebagai Chairman Organizing Committee (OC) Jakarta E-Prix Dwi Wahyu Darwoto dalam kesempatan yang sama.

"Saya berkoordinasi dengan perwakilan FIA pada tadi malam, still go ahead. Belum ada apapun sehubungan virus corona. Kalau ada yg batal itu urusan FEO," kata Dwi.

Hingga saat ini, sudah ada dua laga balap mobil yang dibatalkan akibat virus corona yaitu F1 di Shanghai dan Formula E di Sanya. 

Meski demikian dipastikan penyelenggaraan Formula E akan berlangsung di kawasan Medan Merdeka meliputi Monumen Nasional pada 6 Juni 2020. 

Perhelatan balap mobil ramah lingkungan itu diperkirakan akan mencetak keuntungan sebesar Rp 500-600 miliar dan diikuti oleh 24 pembalap dari 12 tim.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pembuatan arena Formula E diagendakan awal Maret

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar