Jakarta (ANTARA) - Setelah memastikan kemenangan bagi tim putra Indonesia di babak semi final, ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menyampaikan harapannya agar bisa bermain sebaik mungkin saat bertemu tim Malaysia di babak final Badminton Asia Team Championships 2020 hari Minggu.

"Kalau di lapangan semua tim punya peluang yang sama. Peluangnya 50-50 untuk final besok, yang penting besok harus bisa kasih yang terbaik buat tim," Kevin menyampaikan melalui keterangan resmi PP PBSI di Jakarta, Sabtu.

Tim Indonesia melaju ke final setelah menaklukkan India dengan skor 3-2 di babak empat besar. Minions menjadi penentu nasib Indonesia setelah mengalahkan pasangan India Lakshya Sen/Chirag Shetty 21-6, 21-13.

Baca juga: Minions tentukan nasib Indonesia ke babak final BATC 2020

Sedangkan Malaysia, lolos ke partai puncak setelah mengalahkan Jepang dengan skor sempurna 3-0. Dituturkan Marcus, tim Malaysia merupakan tim yang kuat, apalagi ada pasangan andalan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang kemungkinan akan turun sebagai ganda pertama.

"Mereka memang pemain bagus, di sini mereka belum pernah kalah. Kami harus mewaspadai mereka karena di sini mainnya harus lebih cepat temponya," kata Marcus menyikapi Chia/Soh.

Pada laga semi final, India yang tak turun dengan kekuatan penuh mampu memberikan perlawanan sengit bagi tim Indonesia yang diunggulkan di tempat pertama. Tiga poin kemenangan Indonesia dipersembahkan oleh Anthony Sinisuka Ginting, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Kevin/Marcus.

Dua tunggal putra masih belum tampil maksimal, Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito gagal mengamankan partai kedua dan keempat.

"Pertandingan tadi tidak mudah, apalagi menghadapi Chirag yang sudah biasa main ganda putra dan memang dia pemain bagus. Tadi kami lebih siap di lapangan," kata Kevin.

"Saya pribadi tidak menduga, saya berharap kami bisa menang lebih cepat. Tapi tim India memang kuat, kami sebagai pemain harus siap dalam situasi apa pun," ujar Marcus menambahkan.

Berikut hasil pertandingan babak semifinal Badminton Asia Team Championships 2020 antara Indonesia melawan India (3-2):
Anthony Sinisuka Ginting vs Sai Praneeth 21-6 - retired
Jonatan Christie vs Lakshya Sen 18-21, 20-22
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs M.R Arjun/Dhruv Kapila 21-10, 14-21, 23-21
Shesar Hiren Rhustavito vs Subhankar Dey 17-21, 15-21
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Lakshya Sen/Chirag Shetty 21-6, 21-13

Baca juga: Coach Hendry sebut faktor mental penyebab kekalahan Jonatan

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020