Rupiah melemah seiring koreksi mayoritas mata uang Asia

Rupiah melemah seiring koreksi mayoritas mata uang Asia

Dolar AS dan Rupiah Indonesia. ANTARA/Shutterstock/pri.

Rupiah mungkin bisa melemah hari ini mengikuti pelemahan indeks saham Dow jones semalam dan Asia pagi ini karena kekhawatiran perlambatan ekonomi akibat Corona
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi melemah seiring koreksi mata uang regional Asia.

Pada pukul 10.31 WIB, rupiah bergerak melemah 28 poin atau 0,2 persen menjadi Rp13.688 per dolar AS dari sebelumnya Rp13.660 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Selasa, memprediksi nilai tukar rupiah akan terkoreksi pada hari ini.

"Rupiah mungkin bisa melemah hari ini mengikuti pelemahan indeks saham Dow Jones semalam dan Asia pagi ini karena kekhawatiran perlambatan ekonomi akibat Corona," ujar Ariston.

Menurut Ariston, pelaku pasar kini terlihat beralih ke aset aman.

Harga emas sebagai aset safe haven juga terlihat menguat ke area 1.587 dolar AS per troy ons pagi ini, naik 0,37 persen dibandingkan penutupan kemarin.

Ariston memperkirakan rupiah pada hari ini bergerak di kisaran Rp13.650 per dolar AS hingga Rp13.720 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Selasa menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp13.676 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp13.693 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah Selasa pagi melemah 7 poin
Baca juga: Rupiah menguat seiring positifnya mata uang Asia

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BI optimistis rupiah menguat di akhir tahun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar