Biasanya konstruksi terpentok di pembebasan (lahan), ini pembebasan cepat konstruksi harus mengejar, bagus, bagus. Dari 74 kilometer, secepatnya selesai, lahannya sudah selesai.
Banda Aceh (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memuji cepatnya proses pembebasan lahan untuk pembangunan jalan Tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh).

"Alhamdulillah tol dari Banda Aceh menuju ke Sigli ini 74 kilometer, pembebasan tanahnya berjalan dengan sangat baik," kata Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan jalan Tol Sibanceh di ruas Indrapuri-Blang Bingang, Kabupaten Aceh Besar, Jumat.

Dia menyebutkan pembebasan lahan untuk pembangunan tol tersebut telah rampung, sehingga konstruksinya harus cepat.

"Biasanya konstruksi terpentok di pembebasan (lahan), ini pembebasan cepat konstruksi harus mengejar, bagus, bagus. Dari 74 kilometer, secepatnya selesai, lahannya sudah selesai," katanya.

Baca juga: Jokowi instruksikan Gubernur Riau selesaikan konflik lahan Gondai

Menurut Presiden, cepatnya pembebasan lahan itu, berkat kerja sama yang baik dari semua pihak, mulai dari kementerian terkait, gubernur, bupati, PT Hutama Karya sebagai pekerja, serta masyarakat setempat.

"Ini baru 14 bulan, mulai dari groundbreakingnya, 14 bulan, cepat banget," kata Jokowi.

Tol Aceh itu merupakan salah satu proyek strategis nasional dalam pemerintahan Jokowi yang akan menghubungkan provinsi paling barat Indonesia ini dengan daerah lain di Sumatera.

Proyek tersebut merupakan bagian dari Tol Trans-Sumatera yang menjadi salah satu proyek besar dalam pemerintahan Jokowi yang ditarget rampung pada 2024.

Ruas Tol Banda Aceh-Sigli terbagi dalam enam seksi. Seksi pertama Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 25,2 kilometer, seksi kedua Seulimeum-Jantho 6,1 kilometer, seksi ketiga Jantho-Indrapuri 16 kilometer.

Kemudian, seksi keempat Indrapuri-Blang Bintang 14,7 kilometer, seksi kelima Blang Bintang-Kuto Baro 7,7 kilometer, dan seksi keenam Kuto Baro-Simpang Baitussalam 5 kilometer.

Baca juga: Presiden Jokowi ke Riau dan Aceh resmikan pabrik dan tinjau jalan tol

Keberadaan Tol Aceh itu diharapkan dapat memangkas jarak dan waktu tempuh dari Banda Aceh ke Sigli, Kabupaten Pidie, yang dari awalnya sekitar 2-3 jam menjadi 1 jam perjalanan.

Saat meninjau tol Aceh, Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo serta pejabat lain.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020