HSBC edukasi keuangan untuk anak sekolah dasar di Indonesia

HSBC edukasi keuangan untuk anak sekolah dasar di Indonesia

Program Manager for West Region Prestasi Junior Indonesia, Utami Anita Herawati di Medan, Minggu, menjelaskan soal edukasi keuangan untuk anak SD yang dilakukan Bank HSBC di Indonesia. (ANTARA/Evalisa Siregar)

ini merupakan wujud komitmen dan kontribusi berkesinambungan Bank HSBC untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat
Medan (ANTARA) - Bank HSBC Indonesia mengedukasi soal keuangan kepada siswa sekolah dasar (SD) di empat kota Indonesia agar sejak dini bisa mengelola keuangan dengan baik.

"Literasi keuangan bersama Prestasi Junior Indonesia diharapkan memberi banyak manfaat untuk pengetahuan soal keuangan mulai fungsinya hingga mengelola dan menghargai uang dengan baik," ujar Program Manager for West Region Prestasi Junior Indonesia, Utami Anita Herawati di Medan, Minggu.

Baca juga: OJK tingkatkan edukasi keuangan digital melalui media
 

Anita usai edukasi keuangan terhadap 45 siswa SD dari tiga sekolah di Medan, mengatakan Medan merupakan kota ketiga setelah sebelumnya edukasi digelar di Denpasar, Jakarta dan segera menyusul Surabaya.

Dia menjelaskan, edukasi keuangan itu sudah digelar sejak tiga tahun lalu dengan awalnya dari sekolah ke sekolah.

Namun, tahun 2020 ini dipilih dilakukan terbuka atau tempat umum untuk bisa menjangkau lebih banyak siswa mengingat ada sekolah yang memiliki keterbatasan laptop dan jaringan internet.

Baca juga: OJK NTB gencarkan edukasi tentang industri keuangan ke warga pedesaan
 

"Dengan sistem yang dilakukan saat ini
yakni didampingi orang tua dengan laptop yang disediakan dan masuk ke aplikasi anakcerdas.prestasijunior.org, manfaat edukasi itu diharapkan bisa lebih maksimal," ujar Utami.

Anak-anak bukan hanya mengetahui soal uang dan fungsinya, tetapi juga bisa menghargai dan mengelola uang dengan baik.

Dengan edukasi, anak-anak diharapkan bisa menghargai orang tua yang bekerja untuk mendapatkan uang sehingga menabung sejak dini.

Baca juga: Nabung sampah, edukasi kebersihan, sampai inklusi keuangan
 

Dengan cara itu, ujar dia, generasi Indonesia ke depannya bisa lebih pandai mengelola keuangan yang akhirnya lebih sejahtera

Head of Corporate Sustainability Bank HSBC Indonesia, Mini Sutyoko mengatakan dengan akses tanpa batas, HSBC ingin manfaat edukasi anak cerdas itu dapat menjangkau lebih banyak anak Indonesia.

"Langkah ini merupakan wujud komitmen dan kontribusi berkesinambungan Bank HSBC untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Kadin gandeng Sekolah Muamalah tingkatkan literasi keuangan syariah

 

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar