Terinspirasi "Parasite", Pemkot Seoul akan perbaiki rumah rubanah

Terinspirasi "Parasite", Pemkot Seoul akan perbaiki rumah rubanah

(Ki-ka) Park So Dam dan Choi Woo Sik dalam film "Parasite" (2019). (Neon Pictures)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Seoul akan membantu secara finansial1.500 keluarga yang tinggal di apartemen semi-basement (rubanah) seperti yang digambarkan dalam film pemenang piala Oscar "Parasite" untuk meningkatkan kondisi kehidupan mereka.

Dikutip dari The Korean Herald, Senin, Pemkot Seoul bersama dengan Korea Energy Foundation akan menawarkan hingga 3,2 juta won (sekira Rp36,5 juta) per rumah tangga untuk meningkatkan sistem pemanas, mengganti lantai, dan memasang pendingin/penghangat ruangan, ventilator, jendela dan alarm kebakaran.

Apartemen semi-basement adalah pilihan yang terjangkau untuk penduduk perkotaan di Seoul.

Sekitar 78 persen dari mereka yang tinggal di apartemen tersebut berasal dari golongan pendapatan 30 persen terbawah, menurut pemerintah kota.

Baca juga: Replika rumah "Parasite" digunakan untuk The Sims 4

Baca juga: Donald Trump kritik kemenangan "Parasite" jadi film terbaik Oscar


Ada sekitar 383 ribu apartemen semi-basement di Korea Selatan pada 2015, dengan 59,5 persen di antaranya terletak di ibu kota.

Seperti yang digambarkan Bong Joon Ho dalam film "Parasite", apartemen-apartemen seperti ini cenderung sempit, lembab, dan berbau karena kurangnya sinar matahari dan ventilasi, terutama ketika kota terkena banjir di musim panas.

Sebagai bagian dari proyek berkelanjutan kota untuk memperbaiki apartemen lama, apartemen semi-basement akan diberikan prioritas dalam dukungan keuangan dari pemerintah kota dan yayasan.

Mereka yang berpenghasilan kurang dari 60 persen dari pendapatan rata-rata untuk rumah tangga Korea dapat mengajukan permohonan mulai Maret melalui pusat-pusat komunitas dan kantor-kantor distrik di Seoul.

Baca juga: "Parasite" akan ditayangkan ulang di format IMAX

Baca juga: "Parasite" pecahkan rekor "box office" setelah menang Oscar

Baca juga: Patung dan museum Bong Joon Ho diusulkan di Korea Selatan


 

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sabet 4 Piala Oscar, film "Parasite" selebrasi kemenangan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar