Info Haji

Sertifikasi pembimbing manasik haji, Kemenag gandeng UIN Antasari

Sertifikasi pembimbing manasik haji, Kemenag gandeng UIN Antasari

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Noor Fahmi. (FOTO ANTARA/HO-Kemenag Kalsel)

Kami bekerja sama dengan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Antasari Banjarmasin untuk menyelenggarakan sertifikasi bimbingan manasik haji pada April nanti
Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi menyatakan pihaknya menggandeng Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin untuk menyelenggarakan sertifikasi pembimbing manasik haji.

"Kami bekerja sama dengan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Antasari Banjarmasin untuk menyelenggarakan sertifikasi bimbingan manasik haji pada April nanti," katanya di Banjarmasin, Senin.

Ia menjelaskan bahwa pendaftaran bagi calon pembimbing manasik haji akan dibuka pada tanggal 1 sampai 31 Maret 2020 sekretariat Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin.

Penyelenggaraan sertifikasi pembimbing manasik haji tersebut, katanya, sudah menjadi standar kerja sama antara Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag dengan Universitas Islam Negeri (UIN) di seluruh Indonesia.

"Melalui sertifikasi bagi pembimbing manasik haji diharapkan mereka sebagai pelaksanaan manasik yang lebih berkualitas," katanya.

Program itu, katanya, sebagai inovasi bagi pelayanan haji yang lebih maksimal mulai 2020, khususnya pada bimbingan untuk jamaah haji sebelum keberangkatan.

Menurut dia keberadaan pembimbing manasik haji Indonesia merupakan salah satu bagian penting dalam pelaksanaan ibadah haji maupun umrah.

Namun, kata dia, dari sekian banyak pembimbing manasik haji di Indonesia belum memiliki sertifikat dari lembaga terkait.

"Oleh karenanya saya menyarankan bagi para pembimbing manasik haji agar bisa segera mendaftarkan diri ke FDKI UIN Antasari Banjarmasin untuk mendapatkan sertifikasi tersebut," katanya.

Jamaah haji yang diberangkatkan pada musim haji 2020 untuk Kalsel sebanyak 3.831 orang, termasuk petugas haji, demikian Noor Fahmi.
​​​​​​​
Baca juga: 151 paspor calon haji diserahkan Imigrasi Batulicin-Kalsel

Baca juga: Hingga 30 tahun, antrean haji Kalsel kian panjang

Baca juga: Pendaftar haji di Banjarmasin lebih 2.000 pe rtahun, sebut Kemenag

Pewarta: Sukarli
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar