Laporan dari Kuala Lumpur

Mahathir Mohamad mundur sebagai Perdana Menteri Malaysia

Mahathir Mohamad mundur sebagai Perdana Menteri Malaysia

Arsip Foto - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad tiba untuk mengikuti sidang pleno KTT ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019). ANTARA/REUTERS/Athit Perawongmetha/aa.

KUALA LUMPUR (ANTARA) - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menyerahkan surat pengunduran diri sebagai perdana menteri kepada Raja Malaysia, Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, di Kuala Lumpur, Senin.

Pernyataan resmi Kantor Perdana Menteri Malaysia menyebutkan bahwa Mahathir Mohamad telah menyampaikan surat peletakan jabatan kepada Raja Malaysia di Istana Negara pada pukul 13.00 waktu setempat.

Sebelumnya pada Senin pagi, Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim, Wakil Perdana Menteri Wan Azizah Wan Ismail dan Ketua DAP Lim Guan Eng telah bertemu Mahathir Mohamad di kediamannya di Seri Kembangan.

Pada jam 14.00, Anwar Ibrahim bakal diterima Al-Sultan di Istana Negara.

Menurut informasi yang dihimpun, peletakan jabatan tersebut diduga berkaitan dengan pergolakan politik yang terjadi dalam koalisi Pakatan Harapan (PH) sejak musyawarah Majelis Presiden Jumat lalu.

Pada Minggu malam, pimpinan partai politik Koalisi Pakatan Harapan pendukung Mahathir mengadakan pertemuan dengan partai oposisi Koalisi Barisan Nasional (BN) namun tidak ada pernyataan resmi setelah pertemuan tersebut.

Baca juga: Tokoh partai pendukung Tun Mahathir bertemu oposisi

Baca juga: Anwar Ibrahim bertemu Mahathir bicara transisi kekuasaan


 

RI jadi lawatan pertama PM Mahathir

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar