Polres Payakumbuh perluas PolisiKu tambah fitur damkar dan ambulans

Polres Payakumbuh perluas PolisiKu tambah fitur damkar dan ambulans

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, Dandim/0305/50 Kota, Wali Kota Payakumbuh, Ketua DPRD Payakumbuh mencoba sepeda yang akan digunakan oleh tim yang bertugas di Pos Terpadu. (ANTARA/Akmal Saputra)

Payakumbuh, (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, memperluas pelayanan aplikasi PolisiKu dengan menambahkan fitur pelayanan pemadam kebakaran dan ambulans guna memudahkan masyarakat.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan di Payakumbuh, Senin, menyebutkan adanya penambahan fitur di aplikasi PolisiKu itu pelayanan tidak hanya akan direspons pihak kepolisian, tetapi juga dari pihak pemkot dengan adanya fitur kebakaran yang dapat langsung direspons pemadam kebakaran (damkar).

Baca juga: Polres Payakumbuh luncurkan tiga inovasi tingkatkan pelayanan

Selain itu, pada aplikasi tersebut juga ditambahkan fitur bencana, laporan pungli, dan ambulans. Pihaknya juga akan mengembangkan fitur lainnya seperti PLN.

"Dengan fitur ini kita akan memangkas birokrasi, jadi seluruh laporan langsung masuk ke yang bersangkutan. Tidak hanya kepolisian," katanya.

Selain itu, Polres Payakumbuh bersama TNI dan Pemkot Payakumbuh juga meresmikan pos terpadu di dekat pasar Tugu Adipura Kota Payakumbuh.

"Pos terpadu yang kita resmikan kali ini adalah milik bersama, tidak hanya kepolisian. Kita menempatkannya di pusat keramaian di Payakumbuh," katanya.

Baca juga: Operasi Antik Singgalang Polres Payakumbuh ungkap 11 kasus narkotika

Ia menyebutkan pos terpadu ini bertujuan menekan angka kriminalitas dan termasuk dalam kawasan tertib berlalu lintas.

"Jadi kita akan cepat merespons apa saja kejadian di Payakumbuh, baik lalu lintas, kejahatan maupun lainnya," kata dia.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengapresiasi pengembangan aplikasi pelayanan oleh Polres Payakumbuh.

"Saya telah meminta kepada seluruh OPD yang termasuk ke dalam bagian ini untuk berpartisipasi aktif dan tanggap untuk bersama-sama memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Polres Payakumbuh ringkus sindikat hipnotis terhadap orang "lengah"

Menurut dia, banyak keuntungan dari aplikasi yang telah dikembangkan oleh Polres Payakumbuh, dan akan mempermudah masyarakat ketika membutuhkan bantuan baik dari pihak kepolisian dan pemerintahan.

"Pos terpadu yang juga diresmikan ini akan membuat kita lebih bisa bekerja sama membangun kota ini menjadi lebih baik," katanya.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polres Payakumbuh tangkap warga penghina tenaga medis korban corona

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar