Rupiah melemah masih dibayangi wabah virus Corona

Rupiah melemah masih dibayangi wabah virus Corona

Rupiah melemah dipicu kekhawatiran meluasnya wabah virus Corona di luar China.(Antara)

Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Senin sore melemah seiring koreksi mata uang regional yang juga dipicu kekhawatiran wabah virus Corona yang meluas di luar China.

Rupiah ditutup melemah 112 poin atau 0,81 persen menjadi Rp13.872 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp13.760 per dolar AS.

"Kekhawatiran akan penyebaran virus Corona di luar China meningkat seiring dengan peningkatan tajam infeksi di Korea Selatan, Italia, dan Iran," kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Senin.

Baca juga: Rupiah awal pekan terkoreksi seiring pelemahan mata uang Asia

Italia, Korea Selatan dan Iran, ketiganya mencatat kenaikan tajam dalam hal jumlah orang yang terinfeksi selama akhir pekan lalu. Korea Selatan sekarang memiliki lebih dari 600 kasus, Italia lebih dari 150 dan Iran 43 kasus.

Dampak wabah virus Covid-19 terhadap ekonomi global juga menjadi pembahasan para menteri keuangan dan kepala bank sentral Kelompok 20 (G20) dalam pertemuan di Riyadh, Arab Saudi.

Dana Moneter Internasional (IMF) dalam presentasinya memperkirakan pertumbuhan ekonomi China tahun ini akan turun 0,4 persen menjadi 5,6 persen.

Baca juga: Rupiah pada Senin pagi melemah 93 poin

Dari domestik, menurut Ibrahim, penurunan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 4,75 persen, membuat minat berinvestasi pada rupiah menjadi berkurang sehingga berpotensi mengalami tekanan.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah di posisi Rp13.778 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp13.778 per dolar AS hingga Rp13.894 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Senin menunjukkan, rupiah melemah menjadi Rp13.863 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp13.777 per dolar AS.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jokowi minta Bank Indonesia jaga stabilitas Rupiah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar