London (ANTARA/AFP) - Cristiano Ronaldo  mencetak gol melalui titik penalti saat Manchester United mengalahkan Everton 1-0, Sabtu di Old Traford, untuk membuka selisih lima poin di puncak klasemen sementara Liga Utama Inggris.

Kemenangan juara Inggris, Eropa, dan dunia tersebut menambah tekanan pada para pesaingnya dalam memperebutkan juara Inggris, Chelsea dan Liverpool, yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga, menjelang pertemuan mereka di Anfield, Minggu.

Ronaldo memberikan pukulan menentukan semenit sebelum babak pertama berakhir, setelah gelandang Inggris, Michael Carrick, dijegal di kotak penalti oleh Mikel Arteta.

Dalam pertandingan tersebut, penjaga gawang Manchester United, Edwin van der Sar, menciptakan rekor baru Liga Inggris dengan mempertahankan gawangnya tanpa kebobolan paling lama.

Penjaga gawang internasional Belanda berusia 38 tahun itu kini belum kebobolan selama 1.121 menit -- lebih dari 18 setengah jam -- suatu prestasi tidak kebobolan dalam 12 pertandingan secara beruntun.

"Edwin van der Sar membawa ketenangan dan memberi jaminan pada para pemain," kata Pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson.

"Saya tidak dapat mempercayainya saat saya membaca surat kabar bahwa kami terakhir kali kebobolan saat melawan Arsenal pada bulan November. Selama 12 pertandingan terakhir kami berulangkali harus mengubah empat pemain belakang, sehingga banyak orang yang masuk dan melakukan tugas mereka. Tetapi Anda harus memberikan pengharagaan besar kepada Edwin," katanya.

Pada hari yang sama, Aston Villa kehilangan kesempatan untuk menempati posisi kedua klasemen sementara Liga Primer setelah bermain imbang tanpa gol dengan Wigan.

Villa tetap berada di posisi keempat dan terpaut lima poin dengan Arsenal setelah the Gunners, yang kini tertinggal 10 poin dari Manchester United, juga ditahan imbang 0-0 dalam derbi London dengan West Ham.

Pelatih Arsenal Arsene Wenger menyesali kehilangan poin lagi setelah hari sabtu di kandang sendiri dipaksa bermain imbang dengan the Hammers, setelah pertengahan pekan lalu ditahan imbang 1-1 oleh Everton.

"Kami berusaha sampai akhir, tetapi tak berhasil. Kami hanya sedikit kurang tajam dan kreativitas untuk meraih tiga poin," katanya.

Sementara itu, Stoke yang bermain dengan 10 orang berhasil melepaskan diri dari posisi tiga paling buncit, seteah di kandang sendiri mengalahkan Manchester City 1-0.

Sundulan James Beattie di babak pertama menjamin poin penuh bagi tim asuhan Tony Pulis itu setelah Rory Delap dikeluarkan dari lapangan pertandingan di Stadion Britannia setelah bentrok dengan Shaun Wright-Phillips.

Bolton, yang untuk kedua kalinya dalam sepekan terancam kalah setelah unggul 2-0, juga berhasil melepaskan diri dari zona degradasi setelah menangh 3-2 atas Tottenham.

Wes Brom tetap berada di urutan paling buncit klasemen sementara setelah bermain imbang 2-2 dengan Hull City.

Middlesbrough dan Blackburn tetap berada di zona degradasi setelah bermain imbang tanpa gol di the Riverside.

Fulham memberi tekanan terhadap Pelatih Portsmouth, Tony Adams dengan kemenangan 3-1 di Craven Cottage. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009