Milan (ANTARA News/Reuters) - Pemain penyerang Juventus, Amauri, hari sabtu untuk pertama kalinya dipanggil negaranya, Brasil meskipun ia masih bisa memutuskan untuk memperkuat Italia.

Pemain berusia 28 tahun itu kini sedang mengajukan permohonan untuk menjadi warga negara Italia dan selama berbulan-bulan belum memutuskan negara mana yang akan ia perkuat.

Federasi Sepak Bola Italia hari Sabtu mengatakan pihaknya akan menunggu untuk mendengar keputusan Amauri sebelum membebastugaskannya dari tugas Italia.

Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) sebelumnya mengatakan di lamannya (www.cbf.com.br) bahwa pelatih Brasil Dunga telah memanggil Amauri untuk pertandingan persahabatan 10 Februari di London, melawan Italia, setelah pemain Sevilla, Luis Fabiano, mengalami cedera.

Di samping keputusan pemain iu sendiri, Juve harus memberi izin untuk pemanggilan itu, karena batas waktu FIFA untuk pemilihan pemain asing untuk pertandingan tersebut sudah berlalu.

"CBF sudah menghubungi para direktur Juventus dan sedang menunggu keputusannya," kata federasi Brasil itu.

Seorang jurubicara federasi Italia mengatakan kepada Kantor Berita ANSA, "Kami akan menghormati keinginan pemain itu, tetapi mengenai masalah ini kami hanya penonton. Kami belum mendengar dari Juventus maupun Amauri."

Media Italia mengutip ibu Amauri mengatakan ia mestinya memilih Italia, karena ia harus menunggu demikian lama untuk pemanggilan dari Brasil.

Bos Italia, Marcello Lippi mengatakan ia akan mempertimbangkan pemilihan pemain depan yang kuat, tetapi pelatih itu menjadi frustasi pada saat menangani masalah paspor Italia Amauri. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009