Semarang (ANTARA News) - Pelari jarak menengah putri andalan Jawa Tengah, Trianingsih, bakal diturunkan pada lomba lari Thailand Open yang dijadwalkan berlangsung Maret 2009, kata pelatih Trianingsih, Alwi Mugiyanto.

"Thailand Open ini merupakan salah satu event uji coba bagi atlet Program Atlet Andalan (PAL) dan kebetulan yang dipertandingkan di Thailand ini hanya nomor 5.000 dan 10 ribu meter," katanya di Semarang, Senin.

Sebenarnya, kata Alwi yang juga pelatih Pelatnas PAL tersebut, di Pelatnas ada pelari jarak pendek, menengah, dan jauh, tetapi mereka diterjunkan ke berbagai event untuk uji coba.

Ketika ditanya target yang dibebankan kepada Trianingsih, Alwi yang juga pelatih dan pemilik klub lari Lokomotof Salatiga mengatakan, tidak ada target khusus buat adik kandung mantan pelari nasional, Ruwiyati itu.

"Kalau hanya diikuti pelari dari negara-negara Asia Tenggara, kami hanya berharap Trianingsih bisa memperbaiki catatan waktu mengingat untuk kedua nomor ini yang bersangkutan adalah peraih medali emas pada SEA Games 2007 Thailand," katanya.

Pada SEA Games 2007 di Thailand, pelari Klub Lokomotif Salatiga ini berhasil meraih dua medali emas dari nomor lari 5.000 meter dengan catatan waktu 15,57 menit dan 10 ribu meter dengan catatan waktu 34,24 menit.

Di samping itu, pada dua nomor ini Trianingsih juga berhasil menyabet emas bagi kontingen Jawa Tengah pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII/2008 Kalimantan Timur.

"Kita menurunkan atlet pada suatu event juga melihat pesaingnya, kalau pesaingnya tidak terlalu berat tentunya kita akan mencari event yang persaingannya lebih ketat lagi supaya pelari ini bisa terpacu dan mencari pengalaman bertanding dengan atlet-atlet negara lain," katanya.

Di sisi lain, Alwi mengaku tengah mengurus persyaratan administrasi bagi Trianingsih yang belum lama diterima sebagai PNS, agar bisa di tempatkan di Jawa Tengah.

"Dalam sepekan kemarin, saya empat kali bolak-balik ke Salatiga-Jakarta untuk mengurus syarat administrasi agar SK PNS Trianingsih bisa di tempatkan di Jawa Tengah karena bagaimanapun kami ingin membela Jateng pada berbagai event nasional," katanya menegaskan.

Ia menjelaskan, hari ini atau Senin malam pukul 21.00 WIB dirinya akan berangkat ke Jakarta dengan membawa surat pengantar dari Wali Kota Salatiga dan Pengurus Provinsi (Pengprov) PASI Jateng agar Trianingsih bisa ditempatkan di daerah, terutama Salatiga.

"Sebenarnya kami akan minta surat dari KONI Provinsi Jateng tetapi sampai saat ini kepengurusan induk organisasi olahraga di Jateng periode 2009-2013 belum dilantik," katanya menegaskan.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009