Observasi WNI, TNI kirim 191 personel kesehatan ke Pulau Sebaru

Observasi WNI, TNI kirim 191 personel kesehatan ke Pulau Sebaru

Pulau itu bernama Sebaru, tempat observasi baru Corona

Jakarta (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan mengirimkan 191 personel kesehatan ke Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta, yang menjadi lokasi observasi 188 warga negara Indonesia (WNI).

"Tim kesehatan dari TNI ini akan berangkat pada Rabu (26/2) dari Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Sisriadi ketika dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pemerintah sterilkan lokasi observasi WNI di Pulau Sebaru

Ke-191 personel kesehatan dari tiga matra TNI itu, kata dia, akan bergabung dengan tim dari BNPB dan Kementerian Kesehatan.

"Tim aju sudah berada disana (Pulau Sebaru) untuk mengecek lokasinya. Besok (Rabu), tim kesehatan TNI dan lainnya akan berangkat. Mereka akan menyiapkan segala sesuatunya, mulai dari tenda dan tempat observasi bagi WNI," ujar Sisriadi.

Jenderal bintang dua ini pun tidak menjelaskan secara rinci kapal apa yang akan digunakan tim kesehatan dari TNI, Kemenkes dan BNPB tersebut.

"Mereka akan menggunakan kapal yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut," ucapnya.

Baca juga: Warga Kepulauan Seribu siap terima WNI observasi Virus Corona

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putrano menyebutkan sebanyak 188 WNI bekerja di kapal pesiar World Dream akan diobservasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Para WNI itu saat ini masih berada di perairan internasional dekat Bintan, Kepulauan Riau karena ditolak bersandar di seluruh negara termasuk Indonesia.

Hasil pemeriksaan kesehatan ekstensif berikut suhu tubuh itu menunjukkan bahwa seluruh kru WNI terbebas dari virus corona, demikian pula seluruh penumpang kapal yang telah meninggalkan kapal pada pelayaran terakhir pada 9 Februari 2020 dari Hong Kong.

Baca juga: Pulau itu bernama Sebaru, tempat observasi baru Corona

Baca juga: Sebaru Kecil jadi ring 1 observasi WNI dari World Dream

Baca juga: Kepulauan Seribu dinilai aman untuk tempat observasi WNI

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dekontaminasi kawasan observasi dilakukan selama sepekan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar