Data baru menunjukkan perlunya kesadaran terhadap kanker dan pencegahannya

     Jenewa, 4 Februari (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- Hari ini Uni Anti Kanker Internasional (UICC) akan meluncurkan "Saya cinta masa kecilku yang aktif dan sehat," sebuah kampanya yang bertujuan meningkatkan kesadaran mengenai kaitan antara berat badan yang berlebihan dengan kanker.

     "Tiga sampai empat juta kasus baru mengenai kanker dapat dicegah setiap tahun dengan menghindari kelebihan berat dan terlalu gemuk," ujar Isabel Mortara, Direktur UICC. "Kebiasaan baik dimulai sejak awal kehidupan, sehingga fokus kita lebih pada anak-anak agar dapat melakukan diet dan aktif olah raga. Diperkirakan sekitar 22 juta anak di bawah umur lima tahun sudah kelebihan berat dan problem yang akan dihadapi tentu akan meningkat."
   
     Perlunya dilakukan kampanye UICC sudah digarisbawahi dengan adanya keyakinan dan sikap yang berkaitan dengan kanker (www.worldcancercampaign.org/report), suatu laporan survei yang diterbitkan hari ini dengan data baru yang menunjukkan bagaimana orang bisa gagal menyadari bahwa pilihan juga dapat meningkatkan resiko kanker.

     Misalnya, sekitar 40 persen orang di Amerika, Australia, Selandia Baru dan Asia Barat tidak sadar bahwa kelebihan berat dapat meningkatkan resiko kanker dengan kesadaran yang kurang dalam hal lain.

     Survei ini adalah yang pertama dapat memberikan data banding mengenai keyakinan dan sikap yang terkait dengan kanker secara internasional. UICC bekerja dengan afiliasi Gallup Intenasional di tahun 2008 sudah mewawancarai sekitar 40,000 responden di 39 negara. Laporan baru in memberikan rincian data kepada delapan wilayah PBB.

     "Kelebihan berat dan kegemukan adalah bagian dari rantai penyebab bagi kebanyakan penyakit kanker," ujar Prof David Hill, Presiden UICC. "Ini sudah terbangun dalam ilmu tetapi belum dapat dimengerti dalam masyarakat. Kenyataannya, kurangnya pengerian masyarakat terhadap kaitan antara berat badan dengan kanker hampir mirip dengan sikap merokok dengan kanker di tahun 1950-an.

     Hari Kanker Dunia menandai awal dari kampanye tahunan yang bertujuan untuk mendorong orang dewasa mau meningkatkan aktivitas makan dan olah raga yang sehat di antara anak-anak.

     "Bukti cukup banyak yang berkaitan antara kelebihan berat dan kegemukan dengan kanker yang didasarkan pada studi terhadap orang dewasa," ujar Hill. "Tetapi kebiasaan hidup sehat perlu dibentuk sejak masa kanak-kanak."
   
     Kampanye ini didukung oleh masa kanak-kanak aktif dan sehat (www.worldcancercampaign.org/reports), sebuah laporan para ahli yang diterbitkan hari ini dan satu-satunya cara dilakukan UICC bekerjasama dengan anggota dan mitra dalam menjalankan Deklarasi Kanker Dunia yang diadopsi di tahun 2008.
    
     Kontak  :  Aline Ingwersen
                41-22-809-1878
                41-79-658-50-70
                ingwersend@uicc.org

                Debra Anna Daugherty
                +1-202-558-3583
                +525-585-252806
                debra.daugherty@worldcancercampaign.tv

   
     SUMBER: Uni Anti Kanker Internasional

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009