Kehadiran UKM di stasiun MRT Jakarta bisa angkat merek lokal baru

Kehadiran UKM di stasiun MRT Jakarta bisa angkat merek lokal baru

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhammad Kamaludin saat menyampaikan keterangan di Jakarta, Rabu (26/2/2020). ANTARA/Aji Cakti

tujuan menghadirkan UKM di stasiun MRT adalah untuk meningkatkan ekonomi, bukan sekadar meningkatkan pendapatan ritel reguler.
Jakarta (ANTARA) - PT MRT Jakarta menyebutkan bahwa kehadiran usaha kecil dan menengah (UKM) di stasiun MRT dapat mengangkat merek lokal baru untuk lebih berkembang.

"Kalau untuk UKM ini tujuannya untuk meningkatkan ekonomi dan mengangkat brand-brand lokal baru supaya lebih berkembang dengan dimunculkan di stasiun-stasiun MRT Jakarta," ujar Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhammad Kamaludin di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan bahwa untuk ke depan kehadiran UKM di stasiun MRT Jakarta akan bertambah lagi.

Baca juga: MRT Jakarta gandeng Moka sediakan layanan POS untuk UKM

Kehadiran UKM tersebut sangat membantu  MRT Jakarta, dan tujuan menghadirkan UKM di stasiun MRT adalah untuk meningkatkan ekonomi,  bukan sekadar meningkatkan pendapatan ritel reguler.

"Jadi MRT ini selain sebagai moda transportasi, kami juga ingin menjadikan stasiun kami ini istilahnya sebagai ruang ketiga untuk berbelanja dan mencari aktivitas lain," kata Muhammad Kamaludin.

Sebelumnya MRT Jakarta menggandeng Moka terkait penyediaan layanan point of sale (POS) untuk UKM yang menjajakan produknya di area stasiun MRT Jakarta.

Sesuai dengan kesepakatan yang ditandatangani kedua belah pihak September 2019, Moka berperan untuk menyediakan fasilitas layanan berupa hardware, software sekaligus pelatihan khusus bagi para merchant untuk penggunaan sistem kasir digital tersebut.

"Dengan kehadiran platform Moka ini kami bisa melihat terus revenue dari masing-masing UKM dan bisa dievaluasi serta diberikan pelatihan yang sesuai untuk UKM-UKM yang perlu ditingkatkan," kata Muhammad Kamaludin.

Selain itu dia menambahkan bahwa kehadiran platform tersebut juga sangat membantu, karena aktivitas belanja dapat berjalan dengan cepat, tidak mengganggu lalu lintas penumpang MRT Jakarta, dan penumpang juga dapat terlayani dengan baik.

Baca juga: Kadin Indonesia ajak UKM dan rintisan bantu pembangunan berkelanjutan

Dengan menawarkan kepraktisan dan kecepatan dalam bertransaksi, Moka bertujuan untuk memberikan tiga manfaat utama dari kemitraan ini. Pertama, mendukung transformasi digital UKM dengan sistem kasir digital.

Kedua, memberikan ruang bepergian yang nyaman bagi para penumpang MRT dengan pelayanan UKM yang efisien serta ketiga, memfasilitasi MRT Jakarta dengan sistem terintegrasi agar dapat optimal dalam menarik merchant kredibel.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemprov NTB dorong produktivitas UKM dalam membuat APD

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar