Jakarta (ANTARA) - Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) mengklaim jika semua persiapan lokasi observasi Anak Buah Kapal (ABK) World Dream di Pulau Sebaru kecil, Kepulauan Seribu, telah selesai.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono di Pulau Sebaru, Kamis, menjelaskan persiapan sudah mencapai 90 persen dan diperkirakan selesai hingga Kamis malam.

"Seperti peninjauan panglima, tinggal penyambungan jaringan pendingin ruangan, merapikan logistik dan barang-barang di dermaga dan menunggu pemasangan jaringan telekomunikasi BTS yang sementara dikerjakan," jelas Yudo.

Baca juga: Cuaca pengaruhi persiapan observasi di Pulau Sebaru

Yudo yang juga komando tim Kogasgabpad mengatakan instruksi panglima TNI agar semua dapat melaksanakan tugas kemanusiaan dengan baik dan penuh kebersamaan

Kamis siang, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz meninjau kesiapan tim operasi kemanusiaan di Pulau Sebaru.

Hadi meminta tim Kogasgabpad yang terdiri atas TNI, Polri, BNPB, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Luar Negeri berjumlah 763 personel, termasuk masyarakat, agar dari hari ke hari selama observasi 14 hari juga dapat melayani 188 WNI tersebut dengan memberikan kegiatan untuk melepas rasa bosan.

Baca juga: Kapal berkecepatan 40 knot disiagakan di Pulau Sebaru Kecil

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020