Bandung (ANTARA News) - Duabelas mahasiswa ITB (Institut Teknologi Bandung) menjadi wakil Indonesia di ajang Harvard National Model United Nation (HNMUN) 2009, yang diadakan oleh Harvard University dan Perikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Boston, Amerika Serikat pada 10 hingga 22 Februari ini.

"Sebuah kebanggaan tersendiri, karena kami bisa mewakili Indonesia di acara ini," kata salah seorang peserta HNMUN 2009, Amalia Dwi Putri, usai upacara pelepasan di Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari No. 64 Bandung, Selasa.

Menurut dia, ajang HNMUN 2009 ialah program yang diadakan oleh Harvard University dan PBB, yang melibatkan lebih dari 2600 partisipan dari berbagai universitas di Amerika dan seluruh dunia.

Ia mengatakan, HNMUN berfungsi sebagai forum pertemuan mahasiswa dari berbagai institut pendidikan dari seluruh dunia dan berdiskusi tentang permasalahan serta tantangan terbesar yang dihadapi oleh dunia saat ini.

"Nantinya kami akan mendiskusikan berbagai permasalahan serta tantangan dunia seperti masalah kedamaian internasional dan keamanan, sosial politik, ekonomi, budaya hingga HAM," kata Amalia yang tercatat sebagai mahasiswa jurusan Teknik Industri ITB.

Kegiatan lainnya, yang digelar dalam acara HNMUN, menurut Amalia ialah simulasi sidang PBB dan kunjungan industri.

Selain mahasiswa ITB, mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) serta Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, juga ikut dalam cara HNMUN 2009.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009