Jakarta (ANTARA News) - Kesebelasan Persija Jakarta memimpin klasemen Djarum Indonesia Super League setelah mengalahkan Persiwa 6-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu malam.

Dengan meraih tiga angka dari pertandingan melawan Persiwa, Persija berada di urutan teratas klasemen dengan mengumpulkan 41 poin, menggeser Persipura yang sekarang mengantongi poin 40, disusul Sriwijaya FC 40 poin dan Persiwa 38 serta Persijap 36.

Gol pertama Persija dicetak lewat kaki Bambang Pamungkas yang sukses mengeksekusi tendangan penalti. Penalti diberikan wasit Purwanto setelah seorang pemain Persiwa menjegal gelandang Persija Greg Nwokolo di menit 30.

Tertinggal satu gol, pelatih Persiwa Suharmo mengubah formasi dengan memasukkan gelandang Vendry Mofu menggantikan Yohanis Kabagaimu. Persiwa berusaha menyamakan lewat serangan yang dimotori Redouane Barkoui.

Namun usaha Persiwa itu belum mampu membuah hasil.

Selang tujuh menit kemudian, Persija justru menambah gol kembali lewat tendangan keras Bambang Pamungkas yang tidak bisa dibendung kiper Persiwa Timotius Mote.

Persija memperbesar gol ketiga oleh Greg Nwokolo setelah mendapat umpan bola tendangan pojok Ismed Sofyan akhir babak pertama. Kedudukan 3-0 untuk Persija hingga turun minum.

Di babak kedua, Persiwa mengganti kiper dengan memasukkan Charles Woof.

Persiwa memperkecil skor dengan gol penalti oleh Redouane Barkaoui di menit ke-58. Penalti ini karena ada pelanggaran di kotak penalti oleh pemain belakang Persija. Kedudukan pun berubah 3-1.

Selanjutnya Persiwa main lebih lepas dan menekan jantung pertahanan Persija. Ada dua peluang emas Persiwa namun belum mengubah skor.

Lepas dari tekanan Persiwa, Persija kembali membobol gawang Persiwa yang di jaga kiper pengganti Charles Woof melalui tendangan Greg di menit 66.

Greg nyaris kembali menambah gol, namun tendangannya hanya mengenai mistar gawang.

Pertahanan Persiwa mulai rapuh, blunder pemain belakang Persiwa dimanfaatkan dengan baik oleh Greg melalui umpan matangnya ke Robertino Pugliara yang berdiri bebas. Gol kelima untuk Macan Kemayoran pun tercipta di menit ke 80 dan mengubah kedudukan menjadi 5-1.

Selang tiga menit pemain pengganti Melky Pekei menghancurkan Persiwa lewat golnya. Persija makin berjaya dengan skor 6-1 hingga akhir pertandingan.

Susunan pemain:

Persija: Hendro Kartiko (kiper), Abanda Herman, Pierre Njanka, Ismed Sofyan, Danan Puspito, Ponaryo Astama, Robertino Pugliara, Greg Nwokolo, Agus Indra, Fabio Lopes/Melky Pekei, Bambang Pamungkas (kapten).

Pelatih: Danurwindo.

Persiwa: Timotius Mote (kiper)/Charles Woof, Tarik Chaoui, Ok Jhon, Yeyasa Desnam, Habel Satya, Imanuel Padwa, Yohanis Kabagaimu/ Vendry Mofu, Erick Weeks Lewis, Albertho Mambrasar, Piter Rumaropen (kapten), Redouane Barkaoui.

Pelatih: Suharno.

Wasit: Purwanto.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009