Liga Inggris

VAR selamatkan MU dari kekalahan kontra Everton

VAR selamatkan MU dari kekalahan kontra Everton

Wasit Chris Kavanagh (kanan) memberi kartu merah kepada manajer Everton Carlo Ancelotti (ketiga kiri) lantaran memprotes keputusannya dan VAR menganulir gol Dominic Calvert-Lewin ke gawang Manchester United dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Minggu (1/3/2020). (ANTARA/REUTERS/Carl Recine)

Jakarta (ANTARA) - Campur tangan VAR menyelamatkan Manchester United dari kekalahan kontra Everton dan membawa pulang satu poin dari Goodison Park selepas mengimbangi tuan rumah 1-1 dalam laga pekan ke-28 Liga Inggris, Minggu.

Dominic Calvert-Lewin sukses memperdaya kiper David de Gea dengan tembakan yang sempat membentur bek termahal di dunia Harry Maguire pada menit ketiga injury time dan publik tuan rumah bersorak sorai merasa memastikan kemenangan 2-1.

Baca juga: Ofisial VAR akui luput hukum Lo Celso dalam laga Chelsea vs Tottenham

Tetapi wasit Chris Kavanagh memutuskan untuk meninjau tayangan ulang VAR dan memvonis rekan Calvert-Lewin, Richarlison, yang tergeletak di hadapan De Gea dianggap berada dalam posisi offside kendati pemain Brazil itu tak sedikitpun menyentuh bola ataupun mengejarnya.

Namun keputusan Kavanagh dan VAR bulat, yang praktis memancing protes keras dari manajer Everton Carlo Ancelotti. Tak terima dengan protes yang dilancarkan Kavanagh segera merogoh sakunya, memberikan kartu merah untuk Don Carletto, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Sebelumnya, Calvert-Lewin membawa Everton unggul saat pertandingan baru berusia tiga menit saat ia merangsek ke dalam kotak penalti dan menutup ruang De Gea yang baru menerima umpan balik dari Maguire.

De Gea melepaskan umpan tetapi bola berhasil dihalau Calvert-Lewin yang menyarangkannya ke gawang yang sudah tak bertuan.

Baca juga: Ancelotti tak nyaman bursa transfer pemain diperpanjang

Dua menit kemudian, Calvert-Lewin hampir menggandakan keunggulan jika De Gea tak menampilkan penyelamatan gemilang, sedangkan MU berpeluang menyamakan kedudukan lewat Nemanja Matic yang ditolak oleh mistar gawang.

Bruno Fernandes kembali membuktikan diri sebagai langkah terbaik MU di bursa transfer Januari dengan tembakan menawan yang tak mampu diantisipasi Jordan Pickford demi membawa Setan Merah menyamakan kedudukan pada menit ke-31.

Everton berpeluang kembali memimpin pada menit ke-58, sayangnya tendangan bebas Gylfi Sigurdsson masih membentur tiang gawang.

Sebaliknya, tepat di pengujung waktu normal Odion Ighalo hampir membawa MU menang jika saja ia bisa menaklukkan Pickford. Pickford bereaksi baik dan memulai serangan balik yang berujung gol Calvert-Lewin yang dianulir VAR dan Kavanagh.

Hasil imbang membuat posisi kedua tim tak beranjak di klasemen sementara. MU tetap di urutan kelima dengan raihan 42 poin, sedangkan Everton (37) di peringkat ke-11.

Baca juga: Pujian setinggi langit Paul Scholes untuk Bruno Fernandes
Baca juga: Mimpi "invincible" Liverpool terkubur di markas Watford


Susunan pemain:

Everton (4-4-2): Jordan Pickford; Leighton Baines, Mason Holgate, Michael Keane, Seamus Coleman (Djibril Sidibe); Gylfi Sigurdsson, Tom Davies, Andre Gomes (Moise Kean), Theo Walcott (Bernard); Richarlison, Dominic Calvert-Lewin
Pelatih: Carlo Ancelotti

Manchester United (4-3-1-2): David De Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw; Scott McTominay (Juan Mata), Nemanja Matic, Fred; Bruno Fernandes; Mason Greenwood (Odion Ighalo), Anthony Martial (Brandon Williams)
Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar