Polda Jateng siap mengamankan tahapan Pilkada Serentak 2020

Polda Jateng siap mengamankan tahapan Pilkada Serentak 2020

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Rycko Amelza Dahniel saat memberi keterangan pers di Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin (2/3/2020). (ANTARA/Sumarwoto)

Purwokerto (ANTARA) - Kepolisian Daerah Jawa Tengah siap mengamankan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di 21 kabupaten/kota se-Jateng, kata Kepala Polda Jateng Inspektur Jenderal Polisi Rycko Amelza Dahniel.

"Kita sudah mulai (melakukan pengamanan), karena tahapan-tahapan pilkada sudah dimulai, sekarang dalam tahapan penjaringan calon," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Baca juga: Ganjar Pranowo sebut kerukunan jadi tantangan pada Pilkada 2020

Baca juga: PDI Perjuangan bakal kerja keras di enam pilkada Jateng

Baca juga: Pemerintah daerah diimbau tidak mutasi jabatan menjelang pilkada


Kapolda mengatakan hal itu kepada wartawan usai Upacara Penutupan Pendidikan dan Pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran 2019/2020 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jateng, Purwokerto.

Menurut dia, saat sekarang telah ada beberapa bakal calon kepala daerah yang akan maju dan mendaftar termasuk sudah mulai melakukan sosialisasi, mendekati masyarakat, dan memasang baliho.

"Tahapan-tahapan ini terus kita kawal dengan baik supaya tidak ada permasalahan ketika pendaftaran yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juni nanti," katanya.

Disinggung mengenai kabupaten/kota yang perlu mendapat perhatian khusus, dia mengatakan seluruhnya mendapat perhatian yang sama dengan menerapkan pengamanan maksimum.

"Alhamdulillah pengalaman pemilu yang lalu, baik (pemilu) presiden maupun legislatif, bisa berjalan dengan damai di Jawa Tengah. Tentunya ini berkat dukungan seluruh masyarakat, bisa damai seperti itu," katanya.

Oleh karena itu, dia mengharapkan Pilkada Serentak 2020 di 21 kabupaten/kota se-Jawa Tengah juga bisa berjalan damai.

Dia juga meminta bantuan awak media untuk terus mendorong pemberitaan-pemberitaan yang kondusif dan konstruktif sehingga bisa memberikan informasi yang akurat dan menyejukkan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda juga mengatakan 660 bintara baru Polri yang baru dilantik di SPN Purwokerto dan mendapat pangkat Brigadir Dua Polisi, sebagian di antaranya akan bertugas di Mabes Polri, memperkuat sejumlah Polda di seluruh Indonesia, dan sebagian besar di Polda Jateng.

"Penempatannya tentunya karena ini brigadir remaja, kita akan tugaskan di penugasan polisi umum terutama untuk memperkuat 21 wilayah (yang akan menggelar) pilkada di Jawa Tengah. 21 wilayah itu empat kota dan 17 kabupaten," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Kepolisian Resor Purbalingga Ajun Komisaris Besar Polisi Muchammad Syafi Maula mengatakan pihaknya telah menyiapkan pengamanan pelaksanaan Pilkada Purbalingga 2020.

"Kita juga lakukan sosialisasi pilkada damai. Kalau deklarasinya nanti setelah ada penetapan," katanya kepada wartawan usai menghadiri Upacara Penutupan Pendidikan dan Pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran 2019/2020 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jateng, Purwokerto.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

TNI & Polri se-eks Karesidenan Surakarta bersiap untuk Normal Baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar