Pemkab Banjarnegara dorong pertumbuhan industri kreatif

Pemkab Banjarnegara dorong pertumbuhan industri kreatif

Dokumen: Pekerja membuat mochi di salah satu sentra mochi kaswari khas Sukabumi, Cikole, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (14/2/2019). Dalam sebulan, industri rumahan tersebut mampu memproduksi mochi sebanyak 3000 - 5000 iket dengan harga Rp35 ribu - Rp45 ribu per iket serta omzet mencapai Rp70 juta per bulan. ANTARA JABAR/Nurul Ramadhan/agr.

di Banjarnegara telah banyak bermunculan industri kuliner yang dikelola anak-anak muda
Banjarnegara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terus mendorong pertumbuhan industri kreatif di wilayah setempat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami terus mendorong tumbuhnya industri kreatif di Kabupaten Banjarnegara," kata Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono di Banjarnegara, Senin.

Dia menjelaskan sektor industri kreatif di wilayah tersebut banyak berkaitan dengan usaha mikro kecil dan menengah.

"Salah satunya adalah industri kuliner yang banyak mengalami perkembangan baik dalam beberapa waktu terakhir ini, di Banjarnegara telah banyak bermunculan industri kuliner yang dikelola anak-anak muda," katanya.

Baca juga: Industri kreatif diyakini jadi penumpu ekonomi Indonesia masa depan

Dia mengatakan industri kuliner merupakan salah satu industri yang menjanjikan dan potensial terutama jika dikelola dengan baik.

"Industri kuliner ini merupakan sebuah industri yang tidak ada habisnya. Pada era sekarang industri kuliner berlomba-lomba menyajikan berbagai pilihan menu dengan hiasan dan komposisi yang unik dan lezat untuk dinikmati oleh pelanggan," katanya.

Sementara itu, Bupati menilai sektor industri kreatif sangat potensial dan diyakini dapat menjadi tumpuan perekonomian di wilayah Banjarnegara.

"Dengan demikian sektor ini membutuhkan banyak dukungan dari semua pihak agar dapat terus berkembang secara signifikan," katanya.

Baca juga: PFN bakal bangun pusat kreatif inkubator start up bidang film

Bupati juga mengharapkan bahwa dengan makin berkembangnya industri kreatif di wilayah itu maka akan berkontribusi dalam membuka lapangan kerja baru.

"Dengan demikian kami berharap industri kreatif akan dapat berkontribusi dalam penciptaan lapangan kerja baru dan menciptakan masyarakat Banjarnegara yang lebih kreatif, kompetitif serta inovatif di berbagai sektor," katanya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya terus mendorong masyarakat di wilayah setempat terutama para generasi muda untuk terus berperan aktif mengembangkan sektor industri kreatif.

"Ide dan gagasan anak-anak muda yang dituangkan dalam kreativitas nyata akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di wilayah ini," katanya.

Baca juga: Jateng siapkan ruang kerja bersama kembangkan industri kreatif UMKM
 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jiwa Tak Terbatas, tema pamer karya Cah Temanggung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar