Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora kemarin, Senin (2/3), khususnya terkait virus COVID-19, masih menyedot perhatian sebagian besar pembaca.

Mulai dari pengumuman Presiden RI tentang dua orang positif COVID-19, Kemenkes yang menjelaskan alur penularan dua WNI terjangkit COVID-19 hingga upaya istana untuk mengambil langkah khusus agar masyarakat tak panik hadapi corona.

Berikut berita-berita menarik tersebut.

Presiden: Ibu-anak warga Indonesia positif COVID-19

Presiden Joko Widodo mengumumkan dua orang warga negara Indonesia (WNI) yaitu seorang ibu berusia 64 tahun dan anaknya berusia 31 tahun positif terjangkit virus corona jenis baru (COVID-19).

"Ternyata orang yang terkena virus corona ini berhubungan dengan dua orang. Seorang ibu yang umurnya 64 dan putrinya yang berumur 31 tahun dicek oleh tim kita ternyata pada posisi yang sakit," kata Presiden Joko Widodo di veranda Istana Merdeka Jakarta, Senin.

Untuk mengetahui selengkapnya bisa dibaca di sini.

Baca juga: Menkes: jaga imunitas dan pola hidup bersih cegah terinfeksi virus

Kemenkes jelaskan alur penularan dua WNI terjangkit COVID-19

"Kronologinya berawal tanggal 14 (Februari), mereka punya komunitas yang secara periodik punya kegiatan dansa. Kebetulan warga Depok ini pasangan dansanya adalah warga Jepang yang tinggal di Malaysia, setelah selesai dansa bersama komunitasnya kurang lebih 50 orang dan itu multinasional, bukan hanya Jepang maka tanggal 16 Februari si wanita mengeluh batuk dan agak panas badannya, kemudian berobat ke dokter dan oleh dokter berobat tidak perlu dirawat," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto di Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jakarta, Senin.

Bagaimana rincian kronologi berikutnya bisa dibaca di sini.

Baca juga: Kemenkes: Kakak dan asisten rumah tangga negatif COVID-19

Istana ambil langkah khusus agar masyarakat tak panik hadapi corona

Istana Kepresidenan melalui Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan akan mengambil langkah khusus agar masyarakat tidak panik dalam menghadapi wabah virus corona.

Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, mengetahui betapa masyarakat begitu panik merespon kabar tentang virus corona yang sudah menjangkit WNI di Indonesia dengan salah satunya berebut memborong sembako di supermarket dan pasar-pasar.

Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Baca juga: Pemerintah akan batasi arus masuk warga asing ke Indonesia

Pewarta: Katriana
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020