Miami, (ANTARA News)- Tiger Woods akan tampil lagi dalam turnamen Tur PGA mulai minggu depan dalam WGC-Match Play Championship di Arizona, setelah beristirahat karena cedera sejak memenangi turnamen AS Terbuka tahun lalu.

"Saya siap tampil lagi," kata pemain golf peringkat pertama dunia dari Amerika itu dalam situs resminya (www.tigerwoods.com), Kamis.

Woods, yang istrinya Elin baru melahirkan bayi kedua awal bulan ini, mencetak gelar besar ke-14 dalam turnamen Torrey Pines, Juni lalu, sebelum menjalani operasi di kakinya.

Ia tidak tampil dalam lapangan pertandingan sejak membukukan kemenangan mendebarkan dalam playoff atas Rocco Mediate di turnamen AS Terbuka.

Setelah merasakan ngilu pada kakinya serta adanya masalah pada kaki kirinya, Woods masih mampu bertahan dari tekanan Mediate dengan memenangi pertandingan 19 lubang dan membukukan gelar ke-65 dalam Tur PGA.

Setelah sembuh dari operasi kaki, ia mulai memukul bola lagi sepanjang Desember dan tampil dalam kejuaraan Masters AS pada 9-12 April, merupakan pembukaan turnamen besar (major) tahun itu.

"Elin dan putera baru kami Charlie amat hebat," kata Woods, "Saya menikmati waktu luang saya bersama mereka di rumah dan berterima kasih atas dukungan banyak pihak serta permohonan mereka yang baik."  
    
    Peringkat turun  
    Absennya Woods mulai pertengahan tahun musim lalu membuat ratingnya melorot di televisi AS dan Tur PGA menyambut gembira tampilnya lagi pemain golf dunia itu.

"Kami gembira dan lega dengan tampilnya lagi Tiger ke medan pertandingan dan kami menunggu bagaimana permainannya minggu depan," kata Komisioner Tur, Tim Finchem, dalam pernyataannya.

Waktu kembalinya Woods ke padang golf menjadi pertanyaan besar berbagai pihak awal tahun ini. Banyak yang menyatakan kemungkinan Woods baru akan tampil lagi pada 12-15 Maret ketika berlangsung WGC-CA Championship di Doral, Miami.

Namun teman dekatnya, Mark O'Meara, yang baru-baru ini berlatih ringan bersama Woods, menyatakan minggu lalu di Allianz Championship yang merupakan Tur Champions, bahwa Woods akan tampil di Arizona.

"Ia tidak secara langsung menyatakan kepada saya ia akan tampil, tetapi saya tahu ia akan mulai tanding lagi karena ia sudah mampu tampil dan karena itu saya tidak kaget mendengarnya," kata O'Meara kepada wartawan.

Tim manajemen Woods sebelumnya mengatakan, pemain mereka itu akan bertanding pada menit ia merasakan sanggup memenangkan pertandingan. Menurut juara dua turnamen besar O'Meara, Woods sudah mencapai tingkat perhitungan itu.

"Ia memukul bola dengan amat baik," kata O'Meara, "Saya bahkan berani mengatakan ia lebih baik dari yang sudah-sudah. Saya kira istirahat selama ini merupakan hal terbaik baginya. Saya kira ia akan tampil lagi lebih baik."

Woods adalah juara bertahan dalam pertandingan minggu depan di  Match Play Championship, setelah mencetak angka dengan rekor 8&7 atas rekan senegaranya Stewart Cink pada final terakhir tahun lalu.

Ia sebelumnya meraih gelar itu pada turnamen 2003 dan 2004.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009