Bandung (ANTARA News) - Fungsionaris Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Taufik Kiemas optimistis partainya sudah bisa membangun koalisi dengan Partai Golkar untuk sebelum Pemilu Legislatif diselenggarakan 9 April 2009 mendatang.

"Optimis koalisi itu terbentuk sebelum Pemilu (Legislatif) mendatang, tak ada halangan lagi. Tidak ada satu partaipun yang tak butuh koalisi, PDIP dan Golkar bisa bersatu," kata Taufik di sela sosialisasi PDIP di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, Sabtu.

Kiemas beralasan, PDIP dan Golkar memiliki ideologi yang sama sehingga kemungkinan koalisi diantara mereka sangat terbuka, disampingdengan partai-partai lain.

Lebih cepat koalisi diantara kedua parpol besar ini dibangun maka akan lebih baik demi sinergi politik secepatnya, sedangkan hambatan yang bisa memperlambat proses koalisi itu sama sekali tidak ada, kata Taufik.

"Saya yakin sebelum Pemilu nanti koalisi sudah terbangun. Tujuan kami sama-sama untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, masa tidak bisa kerjasama untuk tujuan itu," katanya.

Taufik mengingatkan kedua parpol untuk melupakan masa lalu dengan merintis jalan dan semangat untuk masa depan bangsa, negara dan rakyat Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.

"Lupakan masa lalu, nggak usah diungkit-ungkit lagi. Yang terpenting ke depan adalah bagaimana upaya bisa dilakukan untuk rakyat, kesejahteraan rakyat Indonesia," katanya.

Kiemas berharap pendekatan menjelang koalisi PDIP - Golkar bisa lebih cepat dilakukan.

"Butuh dukungan akar rumput, butuh dorongan. Harus menjadi keputusan bersama untuk tujuan besar ini," kata Kiemas.

Mengenai ambisi Partai Golkar yang hanya akan mendukung calon presidennya sendiri untuk Pilpres 2009 mendatang, Taufik menyebut hal itu adalah bagian dari proses demokrasi sehingga PDIP menghargai Golkar.

Kiemas menilai peluang untuk melakukan pembicaraan dalam koalisi itu sangat terbuka, bahkan ia yakin itu bisa diselesaikan di tingkat partai dalam semangat kebersamaan.

"Yang jelas semangatnya sama, semuanya akan dibicarakan dan pasti ada solusi terbaik. Saya yakin itu," kata Taufik.

Meski demikian, Taufik tidak menyebutkan nama-nama yang layak untuk bersanding dengan Megawati pada Pilpres 2009 mendatang.

"Semua boleh fokus ke Pemilu Legislatif 2009, tapi yang jelas itu semua akan mengarah ke Pemilu Presiden 2009. Adanya kejelasan koalisi lebih awal, itu lebih baik," katanya. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009