Makassar (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Selatan, menyatakan akan menyokong figur Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa, sebagai calon presiden (capres) pada pemilu mendatang.

Kendati begitu, pencalonan mantan Menteri Perhubungan itu akan melalui mekanisme survei kepopuleran dan penyerapan aspirasi masyarakat, kata Wakil Sekretaris DPW PAN Sulsel, Ahmad Basima di Makassar, Sabtu.

"Hal itu akan disurvei dulu, apakah Pak Hatta Rajasa, Amien Rais ataukah tokoh-tokoh PAN lain yang diinginkan kader dan rakyat," ujarnya.

Pernyataan tersebut juga ditegaskan Anggota Komisi V DPR RI, Abdul Hadi Jamal. Menurutnya, PAN Sulsel menargetkan Hatta Rajasa lolos sebagai capres usungan PAN nasional.

"Ya target kita Pak Hatta meraup 25 persen suara nasional," kata Hadi Jamal.

Namun menurutnya, untuk saat ini PAN Sulsel masih berkonsentrasi dengan target lokal, yakni mendapatkan enam kursi di DPR RI dan 14 kursi di DPRD Provinsi Sulsel.

Selain itu, PAN Sulsel juga menargetkan kadernya dapat terpilih minimal dua orang caleg di setiap daerah pemilihan (dapil) dari tujuh dapil di Sulsel.

"Semua target itu naik dua kali dari jumlah target Pemilu 2004 lalu," ujarnya.

Menanggapi aspirasi PAN Sulsel tersebut, Mensesneg Hatta Rajasa mengatakan, keputusan pemilihan figur capres maupun wakil presiden PAN akan diserahkan pada forum Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas), usai pemilihan legislatif.

"Kami belum menentukan figur. Nantilah setelah pemilu legislatif, kami akan umumkan," katanya.

Secara nasional, katanya, PAN hanya menargetkan dapat meraup suara 15 persen untuk mendudukkan capres dan cawapresnya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009