Washington (ANTARA News) - Mantan presiden AS George W. Bush bulan depan dijadwalkan akan memulai rangkaian tur pidatonya.

"Ia sudah punya 10 acara hingga tahun depan, mencakup Kanada, Eropa dan Asia, dan masih banyak lagi," ungkap suatu sumber yang dikutip AFP.

Juru bicara Bush di Washington Speaker's Bureau menolak untuk menjawab pertanyaan lewat  telefon dan pesan email yang meminta komentar mengenai rencana tersebut. Tur pidato Bush pertama kali dilaporkan pada hari Senin di situs Internet berita politik Politico.com.

Pidato pertamanya, yang berjudul "A Conversation With George W. Bush", direncanakan berlangsung pada 17 Maret di Calgary, Kanada -- provinsi yang umumnya konservatif dan tempat industri minyak.

Media Kanada melaporkan bahwa acara itu diperkirakan akan menarik sekitar 1.500 orang dan penyelenggaranya  menolak untuk merinci bayaran Bush.Situs Intenet Speaker's Bureau menyebutkan bayaran Bush tergantung tempat acara berlangsung.

Meskipun topiknya belum diumumkan, satu-satunya daftar di biro itu adalah "Pidato oleh George W. Bush".

"George W. Bush, presiden pada suatu periode penting dalam sejarah Amerika,  memberikan pemikirannya selama delapan tahun di Ruang Oval (sebutan untuk kepresidenan), tantangan yang dihadapi bangsa pada abad ke-21, kekuatan kemerdekaan, peran keyakinan, dan masalah lain yang mendesak", Biro itu mengatakan dalam profil mengenai mantan presiden tersebut.

Biro itu mewakili banyak sekali orang tekenal, termasuk  adik laki-laki bekas presiden itu Jeb Bush, mantan ibu negara Laura Bush, bekas menteri luar negeri AS Colin Powell dan Condoleezza Rice.

Kliennya juga meliputi bekas perdana menteri Irlandia Bertie Ahern, bekas perdana menteri Spanyol Jose Maria Aznar, pelawak Inggris "Monty Python" John Cleese, mantan PM Inggris John Major, dan pesenam peraih medali emas Olimpiade 1984 Mary Lou Retton.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009