Jakarta (ANTARA News) - Setelah Wapres Jusuf Kalla (JK), DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mengundang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk berdiskusi soal koalisi pasca Pemilu 2009.

"Pekan depan (5/3) kita undang Pak SBY dan pekan berikutnya (12/3) Ibu Megawati," kata Presiden PKS Tifatul Sembiring usai Diskusi Politik Pekanan DPP PKS bertema "Arah Koalisi Pasca Pemilu Legislatif 2009 di Kantor DPP PKS Jakarta, Kamis, yang menghadirkan Jusuf Kalla sebagai nara sumber.

Tifatul memandang positif diskusi tersebut sebagai bagian dari proses pengumpulan data dan gambaran yang jelas, sebelum PKS menentukan akan berkoalisi dengan partai mana dan akan mendukung calon presiden yang mana.

Untuk itu, katanya, PKS masih perlu melakukan pembicaraan lanjutan secara lebih detil agar bisa menjadi masukan bagi Majelis Syuro PKS yang nantinya akan memutuskan soal itu.

Dengan kesediaan Jusuf Kalla untuk dicalonkan sebagai presiden, kata Tifatul, maka kehadiran PKS di salah satu dari tiga kubu yakni kubu SBY, Megawati, maupun JK, akan sangat menarik.

Ketika ditanya ke kubu capres yang mana PKS akan memberi dukungan, Tifatul mengatakan, seperti partai-partai lain termasuk Golkar, keputusan PKS juga akan ditentukan setelah melihat hasil pemilu legislatif.

"Keputusan PKS ada di tangan Majelis Syuro. Tetapi kita ingin koalisi yang kuat, setidaknya mencapai 40 persen suara," katanya dalam diskusi yang juga dihadiri Ketua MPR Hidayat Nurwahid itu.

Sementara itu, dalam diskusi dengan Jusuf Kalla, Tifatul mengatakan, Pemilu 2009 akan menjadi "pertarungan" terakhir dari sejumlah capres, berhasil atau gagal sama sekali.

"Karena di 2014 dipastikan akan muncul banyak pendatang baru, itu Sunnatullah," katanya.

Ia juga menilai, diskusi dengan Jusuf Kalla cukup menarik karena nampaknya Kalla punya jawaban tuntas terhadap setiap masalah yang ditanyakan.

Dalam acara tersebut sejumlah pengurus Partai Golkar nampak hadir seperti Priyo Budi Santoso, Burhanuddin Napitupulu, dan Aksa Mahmud.

Sedangkan sejumlah fungsionaris DPP PKS yang hadir antara lain M Razikun, Ledia Hanifa, dan Untung Wahono.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009