Gresik (ANTARA News) - Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terancam dilikuidasi karena dinilai tidak bisa memenuhi target pemerintah, kata Menteri Negara dan BUMN, Sofyan Djalil usai menghadiri acara peresmian pabrik pupuk NPK Granulasi III, dan IV PT Petrokimia Gresik, Jumat.

Beberapa BUMN yang akan dilikuidasi itu antara lain, PT Industri Soda Indonesia (ISI), PT KKA di Nanggroe Aceh Darusalam, dan PT Semen Kupang, sedangkan PT Iglas dan PT Boma Bisma Indra dinilai masih berpotensi.

"Karena kami anggap perusahaan tersebut sudah tak memenuhi target pemerintah, seperti KAA di Aceh yang sudah tak bisa memenuhi produksi kayu," katanya.

Likuidasi, kata Sofyan, bukan berarti perusahaan ditutup total, tetapi hanya manajemennya. Pabrik dan infrastruktur yang ada akan digunakan untuk mengembangkan perusahaan lain.

"Jadi perusahaan tersebut akan kami hidupkan kembali. Bagi karyawan perusahaan lama bisa mencari kerja di tempat lain dan hak para karyawan itu akan kami bayar sepenuhnya," katanya.

Di tahun 2009 ini ada beberapa BUMN yang menjadi perhatian khusus pemerintah, salah satunya PT PAL. Ini karena perusahaan tersebut dinilai masih berpotensi untuk dikembangkan. (*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009