Jakarta (ANTARA) - Forum UMKM yang dibina oleh Sandiaga Uno tengah membuat program pengoptimalan dalam mempromosikan kekayaan alam lokal Nusantara.

Sandiaga dalam informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Jumat, mengaku tertarik untuk mempromosikan kekayaan alam lokal khususnya pertanian dan wisata.

"Potensi Alam Lampung Luar Biasa, Kopinya, Pariwisata, Pertanian dan Perikanannya, namun yang lebih besar lagi potensi manusianya, terutama kaum perempuannya," ujar Sandiaga ketika berkunjung ke Lampung.

Baca juga: Soal jadi negara maju, indonesia harus antisipasi kata Sandi Uno

Mantan calon wakil presiden tersebut mengapresiasi persatuan ibu-ibu atau yang akrab disapa komunitas "emak-emak" mampu berdikari dalam mengelola usaha kecil.

Ia menegaskan kaum perempuan, punya radar ekonomi yang tajam, sehingga selalu jadi alarm saat memantau harga-harga pasar.

Selain itu, kaum muda dan perempuan dinilai sebagai syarat sukses bangsa untuk menjadi bangsa besar. "Kaum perempuan dan milenial militan hadirkan perubahan, perjuangkan kesejahteraan keluarga," katanya.

Baca juga: Sandiaga Uno tekankan pentingnya pendidikan iptek dibarengi imtak

Ia juga memperkenalkan program OKE OCE yang sedang melaju di Jakarta dan seluruh Indonesia. "Sebagian besar pegiatnya, ya kaum perempuan. Nah rumah siap kerja diramaikan anak muda milenial. Apalagi di dunia usaha menguatnya peran kaum perempuan sudah jadi Trend Global," jelasnya.

Dalam dua dekade terakhir, jumlah perempuan pemilik usaha naik 114 persen (Mastercard Index 2018). Bahkan Industri global yang fokus melayani kebutuhan kaum perempuan (fashion, cosmetic, wellness, dan lainnya) mencapai 50 miliar dolar.

Di Indonesia sendiri 14 juta usaha dikelola perempuan. Kontribusi UMKM yang dikelola perempuan terhadap produk domestik bruto (PDB) 9,17 persen, (sebagai perbandingan) melampaui kontribusi sektor ICT (5,5 persen).

Baca juga: Teten sebut usaha rintisan milenial masa depan ekonomi masyarakat

Baca juga: Pemerintah genjot potensi ekspor produk UKM

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2020