Hua Hin, Thailand (ANTARA News) -  Juru bicara kementerian luar negeri Malaysia, Sabtu di Hua Hin, Thailand, mengungkapkan bahwa negaranya, bersama dengan Thailand, bertekada untuk terus bekerjasama dalam kerangka Pertumbuhan Segitiga Indonesia-Malaysia-Thailand yang melingkupi berbagai macam bidang termasuk pembangunan infrastruktur di tiga negara.

Menteri Luar Negeri Thailand Kasit Piromya sendiri mengonfirmasikan sikap pemerintahnya untuk memajukan proyek pembangunan Pesisir Selatan, walau dimensi hubungan ini lebih menyangkut Thailand-Malaysia.

Dalam pembicaraan bilateral antara kedua negara kemarin, mereka sepakat mempererat hubungan diantara mereka, khususnya dalam soal wilayah perbatasan.

Tekad ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Malaysia Dato Sri Utama Dr. Rais Yatim ketika menyambut tawaran Thailand untuk menyelesaikan persoalan perbatasannya dengan Thailand di daerah selatan yang dihuni minoritas muslim Pattani.

"Malaysia telah menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dengan Thailand demi mengatasi masalah di provinsi selatan Thailand berkenaan dengan soal keamanan di wilayah itu dan pengakuan betapa wilayah selatan Thailand penting artinya bagia daerah utara Malaysia," jawab juru bicara Kementerian Luar Negeri Malaysia terhadap konfirmasi wartawan mengenai isu ini di Hua Hin, Thailand, Sabtu.

Kemarin, 27 Februari 2009, Rais Yatim bertemu dengan Menteri Luar Negeri Thailand Kasit Piromya membahas persoalan ini dan berbagi pandangan kedua negara yang memiliki hubungan istimewa diantara keduanya.

Malaysia menginginkan para pejabat kedua negara mesti lebih sering berkunjung ke wilayah yang terbilang labil itu, bahkan telah mempertimbangkan membuat sebuah pertemuan Komisi Gabungan atau konsultasi tahunan diantara kepala pemerintahan kedua negara mengenai wilayah tersebut.

Sang juru bicara yang tak disebutkan namanya itu menyatakan, selama pertemuan bilateral antara kedua negara, pertemuan bilateral pertama sejak Abhisit Vejjajiva memangku jabatan Perdana Menteri di Thailand, Kasit mengungkapkan pada Malaysia baga Pemerintah Kerajaan Thailand akan merestrukrisasi pemerintahan di provinsi Thailand selatan itu.

"Menteri Luar Negeri Malaysia menyampaikan kesiapannya mendukung upaya pemerintah Thailand itu," kata dia.  (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009