Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi akan menjadi salah satu pembicara dalam forum dialog lintas agama di Roma, Italia, 4 Maret mendatang.

"Saya datang atas nama Presiden World Conference of Relegion for Peace (WCRP) dan Sekjen International Conference of Islamic Scholars (ICIS)," kata Hasyim di kantor PBNU, Jakarta, Senin, sebelum bertolak ke Roma.

Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda dan Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia Mgr Situmorang juga hadir dalam forum yang digelar oleh Saint Diego Foundation, sebuah perkumpulan cendekiawan, tokoh agama, dan tokoh pemerintahan terkemuka di Italia, itu.

Hasyim menjelaskan, forum tersebut diagendakan membahas tentang tata cara hubungan lintas agama yang harmonis tanpa merugikan agama masing-masing, baik dalam segi teologi maupun sosial.

"Hal ini menjadi penting karena hubungan lintas agama di dunia sering terjebak dalam fundamentalitas yang rawan konflik atau liberalitas yang terasa mengorbankan teologi atau akidah masing-masing agama atas nama toleransi," katanya.

Menurut Hasyim, liberalitas dalam beragama tidak kalah berbahaya dari fundamentalitas. Liberalitas terbukti telah merusak seluruh agama-agama sejak abad ke-18.

"Karena itu pendulum ini harus diluruskan dengan rumusan yang akseptabel dan didukung bersama. Hal ini akan menjadi acuan hubungan lintas agama dunia," katanya. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009