Bandung, (ANTARA News) - Kereta Api (KA) Bandung - Cirebon (Bandung Ekspres) batal beroperasi pada awal Maret 2009 ini, karena mendapat penolakan dari Dinas Perhubungan dan Organda Provinsi Jawa Barat.

"Untuk sementara, rencana pengoprasian KA Bandung - Cirebon ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan. Kami akan melakukan pendekatan dengan Dishub dan Organda," kata Kepala Bidang Humas PTKA Adhi Suryatmini di Bandung, Selasa.

Sebelumnya, Humas PTKA itu menyebutkan bahwa KA Bandung - Cirebon akan tetap beroperasi, meski sebatas uji coba. Namun dengan adanya penolakan itu, akhirnya Direksi PTKA membatalkan rencana peluncurannya.

Ia menyebutkan, penolakan pembukaan rute KA baru itu merupakan yang pertama kalinya dialami oleh PTKA selama menjadi operator perjalanan KA.

"Mungkin ini baru pertama kalinya terjadi ada penolakan seperti ini, di daerah lain tidak ada. Namun demikian kami tidak akan jalan sendiri dan menghormati pendapat yang lain," katanya.

Rencananya, KA Bandung - Cirebon akan diluncurkan pada Selasa (3/3) ini, kemudian diundur menjadi minggu depan. Dan akhirnya rencana itu untuk sementara ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.(*) 

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009