Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Jakut, dan Jaktim pada awal pagi hari
Jakarta (ANTARA) - Hujan mengguyur sebagian besar Jakarta pada hari Minggu  tanggal 8 Maret 2020, sejak pagi hari dengan berbagai intensitas.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan melalui data yang dibagikan sejak Minggu dini hari, bahwa hujan dengan intensitas ringan sampai tinggi  disertai kilat/petir dan angin kencang harus diwaspadai pada pagi hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Jakut, dan Jaktim pada awal pagi hari," tulis BMKG dalam keterangannya di Jakarta, Minggu pagi.

Berdasar data BMKG itu, cuaca Jakarta pada Minggu pagi ini, hujan akan turun merata di lima wilayah kota dan satu kabupaten di DKI Jakarta dengan berbagai intensitas, yakni hujan sedang terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur.

Kemudian hujan ringan akan turun di Jakarta Selatan dan Kabupaten Kepulauan Seribu, adapun Jakarta Utara dikabarkan akan turun hujan disertai petir pada Minggu pagi ini.

Pada siang hari, hujan mulai reda di mana tiga wilayah kota (Jakarta Barat, Pusat dan Utara) serta satu kabupaten yakni Kepulauan Seribu akan berada dalam cuaca berawan.

Sementara dua wilayah lainnya yakni Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akan tetap mengalami hujan dengan intensitas hujan lokal.

Adapun pada malam hari, seluruh wilayah DKI Jakarta diprediksi akan mengalami cuaca cerah berawan yang berlangsung hingga Senin (9/3) dini hari.

Suhu udara di Jakarta secara umum berada pada temperatur antara 24 hingga 31 derajat celsius yang memiliki rincian Jakarta Barat (24-31), Jakarta Pusat (26-31), Jakarta Selatan (24-31), Jakarta Timur (24-31), Jakarta Utara (26-31) dan Kepulauan Seribu (27-31).

Adapun kelembapan udara di Jakarta, berkisar antara 80 persen hingga 100 persen dengan rincian Jakarta Barat (80-95), Jakarta Pusat (80-95), Jakarta Selatan (80-100), Jakarta Timur (80-100), Jakarta Utara (80-95) dan Kepulauan Seribu (85-95).

Di daerah penyangga Jakarta, pada Minggu pagi ini BMKG memprediksi cuaca di tiga kota penyangga Jakarta yakni Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang akan cerah berawan.

Pada siang harinya, Depok dan Bogor diprediksi diguyur hujan lebat, sementara Bekasi hujan lokal, adapun Tangerang akan mengalami cuaca berawan.

Pada malam hari, Bekasi, Depok dan Tangerang akan berawan, sementara Bogor akan diguyur hujan lokal.

Sementara pada Senin (9/3) dini hari, tiga wilayah penyangga Jakarta yakni Bogor, Depok dan Bekasi diprediksi akan berawan, adapun Tangerang akan diguyur hujan lokal.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020