Jakarta (ANTARA) - Kemenhub pastikan langkah strategis penerbangan cegah COVID-19 hingga Sandiaga Uno nilai wabah corona peluang perkuat pangan dalam negeri, berikut lima berita ekonomi kemarin yang masih layak Anda simak:

1. Kemenhub pastikan langkah strategis penerbangan cegah COVID-19

Kementerian Perhubungan memastikan langkah strategis penerbangan sebagai antisipasi pencegahan penyebaran wabah virus COVID-19 diimplementasikan dengan baik.

Untuk itu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto melakukan inspeksi secara langsung terhadap pelaksanaan standar operasional prosedur (SOP) di Bandar Udara Internasional Soekarno - Hatta Tangerang, Banten.

Simak berita lengkapnya di sini

2. AP II buka "contact center" terkait COVID-19 di nomor 138

PT Angkasa Pura II (Persero) membuka layanan Contact Center Airport 138 untuk menjadi pusat informasi terkini kepada masyarakat mengenai pengaruh COVID-19 terhadap perjalanan pelancong, penerbangan, dan layanan di 19 bandara yang dikelola perseroan.

Layanan contact center tersebut diluncurkan pada Sabtu, 7 Maret 2020, mulai pukul 17.00 WIB.

Simak berita lengkapnya di sini

3. Kemenhub bantah ada nakhoda kapal terindikasi corona di Tanjung Priok

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan membantah informasi adanya nakhoda kapal CMA CGM Virginia di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, terindikasi virus corona.

"Informasi simpang siur yang beredar melalui percakapan di aplikasi WhatsApp, yang menyebutkan adanya nakhoda kapal warga Ukraina terindikasi virus corona adalah informasi tidak benar dan menyesatkan," tegas Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kemenhub Ahmad di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

4. Mentan dorong Pupuk Indonesia produksi pupuk untuk komoditas ekspor

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendorong industri pupuk dalam negeri, khususnya Pupuk Indonesia dan anak perusahaannya, seperti Pupuk Kujang dapat memproduksi pupuk untuk pengembangan komoditas berorientasi ekspor.

Saat menghadiri Kujang Fest 2020 di Kantor PT Pupuk Kujang, Karawang, Jawa Barat, Mentan Syahrul meminta Pupuk Kujang dan Pupuk Indonesia Holding Company tidak hanya memproduksi pupuk bersubsidi yang saat ini diprioritaskan untuk tanaman pangan.

Simak berita lengkapnya di sini

5.Sandiaga Uno nilai wabah corona peluang perkuat pangan dalam negeri

Pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno menilai penyebaran virus corona sekarang ini dapat menjadi peluang untuk menguatkan pasokan pangan dari dalam negeri.

"Kita harus melihat ini sebagai peluang menguatkan kemandirian pasokan pangan dari dalam negeri. Saatnya kita bangun kekuatan pertanian, perikanan," ujarnya dalam keterangan resmi di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2020