Batam (ANTARA News) - Pesawat Fokker 30 Riau Air Lines (RAL) nomor penerbangan PK-RAL RI 524 yang berangkat dari Tanjungpinang, berhenti satu meter di luar ujung landasan ketika mendarat di Lapangan Terbang Conoco, Matak, Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu, pukul 13.45.  

"Semua dari 50 penumpang selamat. Bahkan sebelumnya tidak ada yang menyadari karena posisi roda depan hanya sekitar satu meter dari ujung 'run way'," kata H Helmi Usman, perwakilan RAL Anambas, ketika dihubungi dari Batam via telepon, Sabtu petang.

Fokker 50 PK-RAL 524 dengan Kapten Pilot Octario, kata Helmi, mendarat dalam keadaan landasan licin akibat hujan besar yang tiba-tiba.

Meski sistem rem berfungsi, landasan yang licin menyebabkan pesawat baru berhenti dengan posisi roda pesawat satu meter di pasir luar ujung landasan.

Dikatakannya, evakuasi seluruh penumpang berjalan lancar dan semua sudah ke tempat tujuan masing-masing dengan selamat.Sesuai peraturan, pesawat tersebut masih dibiarkan di tempat.

"Untuk memindahkannya, kami menunggu tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi yang dijadwalkan baru Minggu pagi," kata Helmi.

Panjang landasan Conoco di Matak 1,2 km,  lokasi itu berada di timur laut Tanjungpinang, ibukota Kepulauan Riau.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009