Denpasar, (ANTARA News) - Manggie Dunkle (85), warga negara Australia yang sudah lama bermukim di Bali menerbitkan buku serial Bali Bersih untuk anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) maupun SMP di Pulau dewata.

"Buku yang ditulis dalam tiga bahasa, yakni Bahasa Daerah Bali, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris dilakukan bekerja sama dengan Margiyono dan Serial Bali Bersih," kata Etha Widiyanto yang ikut dalam kegiatan penerbitan buku tersebut di Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan, buku yang dicetak sebanyak 5.000 eksemplar akan diluncurkan di Museum Arma Ubud Sabtu pekan depan (14/3).

Penerbitan tersebut merupakan yang kedua dari tiga penerbitan yang direncanakan. Penerbitan pertama dilakukan tahun 2007 juga sebanyak 5.000 eksemplar dan penerbitan ketiga yang masih dalam proses penggarapan yang diharapkan rampung 2010.

Etha Widiyanto menambahkan, buku serial Bali Bersih khusus dipersembahkan untuk anak-anak yang dicetak dengan gambar dan warna menarik.

Upaya tersebut bertujuan memperkenalkan konsep kepedulian lingkungan kepada anak-anak. Buku yang diterbitkan oleh penulis profesional cerita anak-anak menyoroti masalah sampah di kota-kota, sungai, sawah dan desa di Bali.

Lewat buku tersebut anak-anak diajak menyadari betapa pentingnya memelihara alam dan lingkungan di lingkungannya masing-masing.

Anak-anak diperkenalkan terhadap konsep daur ulang dan peranan pentingnya dalam menangani masalah sampah, ujar Etha Widiyanto.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009