Kendari (ANTARA News) - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring memastikan partai yang dipimpinnya akan menggandeng partai nasionalis dalam melakukan koalisi untuk mengusung pasangan Capres dan Cawapres RI pada Pemilu 2009.

Tifatul menyampaikan hal itu di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu, setelah temu kader dan simpatisan PKS di Sultra dan bersilaturrahmi dengan wartawan setempat.

Menurut Tifatul, PKS tidak akan mampu berbuat banyak, jika tidak menggandeng partai nasionalis. "Jika hanya mengandalkan partai-partai Islam saja, kita tidak cukup kuat, oleh karena itu, kita tetap membutuhkan partai nasionalis untuk menggalang koalisi," ujarnya.

Mengenai partai-partai nasionalis yang akan diajak berkoalisi, Tifatul mengatakan, tidak jauh dari partai-partai besar yang ada sekarang ini, yakni Partai Golkar, Partai Demokrat, dan PDIP. "Kita terus menjalin komunikasi politik dengan partai-partai ini," ujarnya lagi.

Sebagai bukti komunikasi yang telah dilakukan PKS, kata Tifatul, pihaknya telah mengundang Ketua Umum DPP Partai Golkar Jusuf Kalla ke Kantor DPP PKS. "Pekan depan, PKS juga akan menghadirkan Ketua Umum Partai Demokrat, Hadi Utomo." tambahnya.

Tifatul mengatakan, saat ini terdapat tiga blok Capres yang menguat yaitu blok S (Susilo Bambang Yudhoyono), blok M (Megawati Soekarnoputeri), dan blok J (Jusuf Kalla). Ketiga blok tersebut tentu saja tidak akan berdiri sendiri, tetapi akan mencoba mencari koalisi dengan partai lainnya.

Menurut dia, partai-partai nasionalis tersebut memiliki ketertarikan dengan PKS untuk digandeng dalam koalisi, dengan mengibaratkan PKS bagaikan "gadis cantik".

Namun demikian, kata Tifatul, PKS tidak akan terburu-buru menentukan pilihan koalisinya, tetapi PKS terus mengamati perkembangan politik yang terjadi. "Kita tidak ingin berkoalisi dengan partai yang terpecah-belah," katanya.

Kunjungan Tifatul ke Kendari merupakan yang pertama kali sejak proses Pemilu 2009 mulai bergulir. Tifatul tiba di Kendari pada Sabtu sore (7/3) dengan menggunakan pesawat komersial.

Selain mengadakan pertemuan dengan kader dan simpatisan PKS dan bersilaturrahmi dengan wartawan, juga menjadi atlet pada pertandingan persahabatan olahraga futsal antara tim PKS dan wartawan yang digelar di Kelurahan Butung, Kota Kendari.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009