Dengan Alat Bantu Berhenti Merokok

Para ahli bertemu pada pertemuan World Conference on Tobacco OR Health untuk membahas pengurangan penggunaan tembakau di seluruh dunia dan kemudahan memperoleh opsi pengobatan
   
     MUMBAI, 10 Maret (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- GlaxoSmithKline (GSK) Consumer Healthcare hari ini mengumumkan akan menambah jumlah produk nikotin obat mereka yang menjangkau lebih dari 800 juta orang di seluruh dunia dalam empat tahun mendatang. Perusahaan ini mengumumkan hal tersebut pada pertemuan World Conference on Tobacco OR Health (WCTOH) tahun ini di India, negara di mana hampir satu juta orang meninggal tiap tahun akibat rokok pada 2010(1). Para pemikir terkemuka dari seluruh dunia berkumpul pada konferensi tiga tahunan ini untuk membahas inisiatif global untuk mengurangi penggunaan tembakau dan kerugiannya yang luar biasa terhadap kesehatan.
 
     "GSK akan memperkenalkan alat bantu berhenti merokok kepada 85 persen perokok di dunia pada 2013. Kami bertekad menemukan pendekatan, bersama dengan para ahli lokal, guna memaksimalkan akses dan dampak produk kami yang menyelamatkan jiwa," kata Raj Mishra, MD, PhD, wakil presiden bidang penelitian dan pengembangan, GlaxoSmithKline Consumer Healthcare. "Kami berharap dengan meluncurkan produk nikotin obat di seluruh dunia, kami akan ikut serta mengurangi beban global penyakit karena tembakau dengan membantu para perokok berhenti merokok."
   
     Laporan global Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai tembakau mendapati penggunaan tembakau meningkat paling pesat di negara berpenghasilan rendah karena pertumbuhan penduduk yang pesat disertai dengan berbagai upaya industri tembakau. Kenyataannya, laporan tersebut menyebutkan bahwa tanpa adanya komitmen untuk membantu perokok berhenti merokok, sekitar satu miliar perokok meninggal lebih cepat akibat tembakau pada abad ini(2). Sebagai bagian dari kebijakan ringkasnya, WHO mendorong para pemimpin dalam upaya memerangi tembakau untuk memberi bantuan berhenti merokok melalui tiga jenis pengobatan - penyuluhan lewat telepon, nasihat berhenti merokok di jasa perawatan kesehatan utama dan terapi dengan obat termasuk penggunaan nikotin obat(2).
 
     "Banyak perokok di seluruh dunia ingin berhenti merokok, namun tidak memperoleh informasi atau sumber daya yang diperlukan untuk melakukannya secara efektif. Meningkatkan kemudahan memperoleh produk yang membantu perokok berhenti merokok merupakan langkah positif ke arah dunia yang bebas rokok," ujar Dr. Randeep Guleria, gurubesar Departemen Kedokteran, All India Institute of Medical Sciences. "Dengan larangan merokok di tempat-tempat umum tertutup yang baru-baru ini disahkan, pemerintah India memberi peringatan keras kepada lebih dari 120 juta perokok dewasa(1) bahwa pihaknya sungguh-sungguh membatasi penggunaan tembakau yang meluas di negara tersebut. Mendorong penggunaan alat bantu berhenti merokok seperti nikotin obat merupakan langkah selanjutnya ke arah membebaskan negara ini dari masalah kesehatan yang membahayakan."
   
     Akibat penggunaan tembakau yang terus-menerus di seluruh dunia mengejutkan:
     - Penggunaan tembakau adalah penyebab utama yang dapat dicegah kematian dan penyakit, yang diperkirakan mengakibatkan satu miliar orang meninggal di abad ke-21 kecuali pengobatan yang efektif dilaksanakan(2).
     - Lebih dari satu dari tiga orang dewasa di seluruh dunia (lebih dari 1,1 miliar orang) merokok, 80 persen di antaranya tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah(2).
     - Jika pola merokok saat ini berlanjut, akan menyebabkan sekitar 10 juta orang meninggal tiap tahun pada 2020 dan 70 persen dari kematian ini akan terjadi di negara berkembang(2).
     - Di Amerika Serikat saja, ketergantungan tembakau merugikan negara ini hampir $200 miliar - lebih dari $96 miliar tiap tahun untuk biaya berobat langsung dan $97 miliar karena ketidak-produktifan(3).
 
     Keamanan dan Keampuhan Nikotin Obat GlaxoSmithKline
     Nikotin obat termasuk obat hisap dan koyo NiQuitin (merek Nicabate di Australia) dapat membantu meringankan gejala penarikan diri dalam upaya berhenti merokok(3). Penelitian dari lebih dari 110 ujicoba klinis yang melibatkan lebih dari 40.000 peserta telah memastikan keamanan dan keambuhan produk nikotim obat apabila digunakan sesuai aturan(4). Nikotin obat direkomendasikan sebagai pengobatan pertama ketagihan merokok di Amerika Serikat, Inggris dan pedoman Organisasi kesehatan Dunia (WHO)(2,3,5). Saat ini, nikotin obat GSK telah membantu lebih dari enam juta orang di seluruh dunia berhenti merokok, dan alhasil, sangat mengurangi resiko terkena kanker dan penyakit lain akibat merokok(6).
 
     Produk-produk ini dibuat khusus untuk memutus siklus ketagihan dengan memberikan secara berangsur-angsur dan terkontrol nikotin ke dalam tubuh, sehingga ikut meringankan gejala penarikan diri.
 
     Tentang GlaxoSmithKline Consumer Healthcare
     GlaxoSmithKline Consumer Healthcare adalah salah satu perusahaan produk perawatan kesehatan konsumen terbesar dunia yang dijual bebas. Lebih dari 30 mereknya yang terkenal termasuk produk berhenti merokok terkemuka, NicoDerm(R) CQ dan Commit(R), NiQuitin dan Nicabate, dan juga banyak obat pokok seperti Aquafresh(R), Panadol(R), Crocin(R), Horlicks(R) dan Sensodyne(R). GlaxoSmithKline Consumer Healthcare terus mengembangkan produk inovatif yang membantu semua perokok mendapatkan sistem dukungan terbaiknya dan mencapai tujuannya bebas rokok.
 
     Tentang GlaxoSmithKline
     GlaxoSmithKline adalah salah satu perusahaan obat dan perawatan kesehatan konsumen terkemuka dunia yang berbasis penelitian. GlaxoSmithKline bertekad memperbaiki mutu kehidupan manusia dengan memungkinkan orang berbuat lebih, merasa lebih baik dan hidup lebih lama.
 
     (1) Jha, et al; Studi Kasus - Kontrol Perwakilan Nasional Merokok dan Kematian di India; NEJM, 2008
   
     (2) Organisasi Kesehatan Dunia. Laporan WHO mengenai Wabah Tembakau Global, 2008. Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia; 2008 [dikutip 2008 21 Maret]. Tersedia dari: http://www.who.int/tobacco/mpower/en/
   
     (3) Fiore MC, Jaen CR, Baker TB, et al. Mengobati Penggunaan dan Ketergantungan Tembakau: Pembaruan 2008. Pedoman Praktik Klinis. Rockville, MD: Departemen Kesehatan dan Pelayanan Manusia AS. Jasa Kesehatan Masyarakat. Mei 2008.
 
     (4) Silagy et al. Terapi penggantian nikotin untuk upaya berhenti merokok (Tinjauan Cochrane). Dalam: Perpustakaan Cochrane, Edisi I, 2004. Chichester, Inggris: John Wiley & Sons, LTD.
 
     (5) NICE. 2002. Pedoman penggunaan terapi penggantian nikotin (NRT) dan bupropion untuk berhenti merokok. Pedoman Penaksiran Teknologi - No. 39.
 
     (6) Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit. Penggunaan pengobatan farmakologis yang disetujui FDA untuk ketergantungan tembakau. Laporan Mingguan Ketidakwajaran dan Kematian 2000; 49: 665-668.
 
     Kontak: Mark Polisky
             GolinHarris
             +1-312-729-4417
             mpolisky@golinharris.com 

             Jennifer May
             GlaxoSmithKline
             Consumer Healthcare
             +1-412-200-3729
             jennifer.l.may@gsk.com 

    SUMBER: GlaxoSmithKline Consumer Healthcare
 
    KONTAK:  Mark Polisky dari GolinHarris,
            +1-312-729-4417,
            mpolisky@golinharris.com,
            untuk GlaxoSmithKline; 

            atau Jennifer May dari GlaxoSmithKline Consumer Healthcare,
            +1-412-200-3729,
            jennifer.l.may@gsk.com

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009