Menteri ESDM Serahkan Paket LPG 3 Kg
   
     Jakarta, 10/3 (ANTARA) - Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro didampingi oleh Ka. Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah Teguh Dwi Paryono mewakili Gubernur Jawa Tengah, Deputi Direktur Pemasaran Pertamina - Hanung Budya dan Bupati Temanggung - Hasyim Afandi, pada hari ini (6/3) di Pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung menyerahkan secara simbolis paket perdana konversi kepada 4 perwakilan masyarakat masing-masing berupa 1 tabung LPG 3 kg (beserta isi), 1 set kompor LPG satu tungku lengkap dengan selang dan regulatornya siap untuk dipakai dalam rangka konversi minyak tanah ke LPG.

     Penyerahan tersebut merupakan simbolis pencanangan program konversi di Temanggung dan merupakan  rangkaian pelaksanaan program Konversi Minyak Tanah ke Elpiji di Provinsi Jawa Tengah. Pencanangan disaksikan oleh jajaran Muspida dan masyarakat Kabupaten Temanggung. Prorgram Konversi di Kabupaten Temanggung direncanakan dimulai pada bulan Mei 2009, dengan target distribusi paket perdana sebanyak 190.000 paket.

     Program konversi minyak tanah ke LPG merupakan program pemerintah yang mulai dilaksanakan tahun 2007, tepatnya pada bulan Mei 2007 yang secara resmi diluncurkan oleh Wakil Presiden RI di Jakarta. Salah satu tujuan program konversi minyak tanah ke LPG adalah untuk mengurangi beban subsidi pemerintah untuk minyak tanah karena mensubsidi LPG jauh lebih hemat daripada mensubsidi minyak tanah.

     Di tahun 2008, penghematan subsidi BBM mencapai Rp. 5,68 triliun dan apabila program konversi ini selesai secara nasional, penghematan dapat mencapai + Rp. 20 triliun setiap tahunnya.

     Secara nasional, realisasi distribusi dari tahun 2007 sampai dengan akhir tahun 2008 telah mencapai 19 juta paket. Di tahun 2009 ini, target distribusi paket perdana konversi adalah 23 juta paket dan sampai dengan saat ini telah mencapai 3,3 juta paket.

     Implementasi program konversi di Provinsi Jawa Tengah dimulai dari Kota Semarang pada bulan September 2007 dan sampai dengan akhir tahun 2008 telah tercapai 2,2 juta paket yang terdistribusikan di 13 Kota/kabupaten (5 wilayah telah closed yaitu : Kota Semarang, Kab. Semarang, Kota Salatiga, Kab. Klaten dan Kota Tegal, sedangkan wilayah lainnya masih tahap distribusi, yaitu : Kab. Kendal, Kab. Demak, Kab. Boyolali, Kab. Tegal, Kab. Sragen, Kab. Karanganyar, Kab. Grobogan dan Kab Jepara). Sedangkan pada awal 2009 wilayah yang akan segera memasuki tahap sosialisasi dan distribusi adalah Kab. Blora, Kota Surakarta, Kab. Sukoharjo, Kab. Wonosobo, Kab. Temanggung, Kab.Purworejo, Kab. Cilacap, Kab. Purbalingga, Kab. Banjarnegara, Kab. Kebumen dan Kab.Banyumas.

     Tahun 2009 ini, target distribusi paket perdana di Jawa Tengah adalah 5,7 juta paket dengan target wilayah adalah seluruh kota/kabupaten yang belum terkonversi pada tahun-tahun sebelumnya. Sehingga dijadwalkan seluruh wilayah Jawa Tengah pada akhir tahun 2009 sudah terkonversi sepenuhnya.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi Anang Rizkani Noor, Vice President Komunikasi PT Pertamina (Persero), No. telp (mobile): 0811 166 519, Email: Anang.Noor@pertamina.com

 


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009