Manchester, (ANTARA News) - Jangan pernah menyimpan keraguan saat layar kehidupan telah terkembang. Laga bola menyediakan tiga kata bagi mereka yang ingin bersimbah perjuangan untuk beroleh kemenangan.

Lawan, lawan dan lawan, begitu kata pelatih Inter Milan, Jose Mourinho. Meski di seberang sana ada kegembiraan. Jelang laga leg kedua 16 besar Liga Champions, antara Inter Milan melawan Manchester United yang diadakan di Old Trafford, Kamis dinihari, pelatih asal Portugal itu membulatkan keberanian, memompa harapan bagi anak asuhannya.

"Saya ingin berpesan kepada tim ini, bermainlah dengan lepas dan bergembiralah selalu dalam laga ini. Lawan dan kalahkan Manchester United," katanya dalam jumpa pers menjelang laga itu seperti dimuat dalam laman Inter.It. "I Nerazzurri" didaulat memainkan formula perjuangan plus kegembiraan ketika menghadapi United yang mengusung nama besar sebagai skuad serba kinclong dalam mengoleksi gelar di daratan Eropa. "Saya telah membaca bahwa Inter disesaki oleh drama sepanjang karier perjalanannya. Saya berpesan agar para para pemain tampil dengan penuh kegembiraan. Dengan begitu Inter akan dapat menaklukkan Manchester United." "Kami paham bahwa atmosfer laga ini tampak begitu mendidih karena laga ini pasti berlangsung sengit. Kami tidak akan tampil melawan atmosfer yang berkembang atau melawan tradisi yang telah lama membelenggu Inter dalam Liga Champions. Tidak sama sekali. Kami hanya akan menghadapi kualitas permainan yang diusung oleh Manchester United. Kualitas dilawan dengan kualitas," katanya. Ia menyoroti hasil laga kedua tim yang berakhir imbang 0-0. "Ini hasil yang menyisakan banyak tanda tanya. Laga itu menyisakan frustrasi bagi kedua tim. Dan laga malam nanti akan menjawab semuanya itu. Laga ini akan ditentukan oleh kemampuan membaca dan menerapkan detail. Ini yang kerap kurang diperhitungkan." Pelatih Inter itu mengenal betul atmosfer Old Trafford. "Saya datang ke sini kali pertama pada tahun 2004. Kali ini saya paham setiap detail. Rasanya seperti bertanding di rumah sendiri. Beberapa menit lalu, saya bertemu dengan sejumlah pegawai stadion dan kami saling memulai bercanda," katanya. "Laga ini sarat dengan tekanan bagi para pemain. Itulah sebabnya, saya berkata kepada para pemain agar memunculkan kegembiraan dalam bermain. Bukankah setial laga adalah indah. Saya berharap laga ini jadi laga menyenangkan bagi para penonton sejagat," katanya. Ketika mengomentari penampilan sosok Alex Ferguson, ia menjawab, "Ia tangguh, ia kuat, ia tampil dengan penuh keriangan. Ia tampil dengan mencintai setiap laga, dan ia memperoleh kemenangan. Saya berharap dapat membaca banyak hal dalam surat-surat kabar Inggris. Mereka banyak membanding-bandingkan sepakbola Inggris dan sepakbola Italia." Sekali lagi, lawan, lawan, dan lawan, kata Mourinho.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009