Baubau (ANTARA) - Pemakaman jenazah Sersan Kepala (Anumerta) La Ongge, Babinsa Koramil 1710-05 Jila/Mimika yang digelar secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Oputa Yi Koo, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Rabu, diselimuti suasana haru.

Upacara pemakaman yang dilaksanakan sekitar pukul 11.30 Wita itu, membawa kesedihan yang mendalam bagi keluarga dan kerabat Almarhum.

Anak-anak Almarhum menangis di pemakaman tempat ayah mereka dikebumikan. Sang istri nampak lemas dan air mata menetes ke pipi. Iapun kembali jatuh pingsan ketika sang suami tercinta dikebumikan.

Baca juga: Jenazah prajurit TNI AD tertembak KKB akan diterbangkan ke Baubau
Baca juga: Anggota TNI korban penembakan KKB di Koramil Jila meninggal di Timika
Baca juga: Pos Rawan pedalaman Mimika siaga satu pascapenembakan Pos Jila


Pemantauan Antara, sebelum dibawa ke TMP Oputa Yi Koo yang terletak di Kelurahan Kadolokatapi Kecamatan Wolio, jenazah Almarhum yang menjadi korban tembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua tersebut terlebih dulu dilakukan upacara persemayaman dan pemberangkatan ke pemakaman.

Upacara persemayaman pemberangkatan ke pemakaman dengan Inspektur upacara Mayor Inf Gidion Skoda, Komandan upacara Letda Inf Ali Isram, dan perwira upacara Kapt Inf Sulistianto digelar di rumah duka di Perumahan Betoambari Permai Kelurahan Sulaa, Kecamatan Betoambari.

Baca juga: Diduga mata-mata aparat keamanan, JM ditembak KKB
Baca juga: PT Freeport ingatkan karyawan dan keluarga di Tembagapura waspada


Kepala Staf Kodim 1413 Buton, Mayor Inf Gidion Skoda mengatakan, bersyukur pelaksanaan pemakaman Almarhum Serka Anumerta La Ongge berjalan lancar dan aman.

Pemakaman di TMP, menurutnya, Almarhum tewas dalam keadaan bertugas.
 
Jenazah Almarhum Serka (Anumerta) La Ongge saat dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Oputa Yi Koo, Kota Baubau, Rabu. (Foto Antara/Azis Senong)

Sementara itu, La Andu paman La Ongge menuturkan, di mata keluarga, Almarhum merupakan sosok kebanggaan dengan sifat penyayang dan rajin beribadah.

Bahkan, lanjut dia, informasi sebelum meninggal dunia Almarhum saat itu baru selesai mengambil air wudhu untuk melaksanakan sholat subuh.

Almarhum Serka La Ongge yang meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak, kata dia, terakhir pulang ke kampung halaman ketika memasuki rumah baru yang kini ditempati di Perumahan Betoambari Permai pada 2019.

"Rencana Almarhum tahun ini akan pulang Lebaran di sini," ujarnya.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020