Jakarta (ANTARA News) - Dua ganda dari Pelatnas Cipayung maju ke perempatfinal turnamen Super Series Swiss Terbuka setelah pasangan Shendy Puspa/Meiliana Jauhari dan Nova Widianto/Liliyana Natsir meraih kemenangan pada babak 16 besar.

Unggulan pertama ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir kembali harus bermain tiga game pada pertandingan kedua mereka, untuk meraih kemenangan 21-17, 12-21, 21-12 atas ganda Korea Ko Sung Hyun/Ha Jung Eun, Kamis (Jumat dinihari WIB).

Kemenangan di St.Jakobshalle, Basel tersebut, membuat rekor pertemuan Nova/Liliyana dengan finalis All England itu menjadi 2-0 sepanjang karir mereka.

Pasangan peraih medali perak Olimpiade itu akan bertarung melawan Zheng Bo/Ma Jin untuk memperebutkan satu tempat di semifinal, setelah sebelumnya pasangan China itu menyisihkan unggulan kelima Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl dari Denmark melalui kemenangan tiga game 20-22, 21-16, 21-10.

Shendy/Meiliana yang menjadi unggulan delapan hanya membutuhkan waktu 29 menit untuk menyisihkan pasangan Korea Jang Ye Na/Kim Mi Young 23-21, 21-11 dan maju ke delapan besar.

Selanjutnya mereka akan bertemu pasangan korea lainnya yang menjadi unggulan ketiga Lee Hyo Jung/Lee Kyung Won yang menang 21-12, 21-12 atas Ekatarina Ananina/Anastasia Russkikh dari Rusia.

Untuk menghadapi pasangan Korea yang terkenal ulet, pelatih ganda putri Aryono Miranat hanya berharap Shendy/Meiliana dapat bermain bagus.

"Yang penting bermain bagus, berjuang dulu, kalah menang belakangan," katanya.

Aryono mengatakan, Shendy/Meiliana mempunyai serangan cukup baik namun pertahanan dan pengalaman masih kurang, sebaliknya lawan mereka mempunyai serangan dan pertahanan yang baik dengan segudang pengalaman.



Taufik hadapi Lee Chong Wei

Pemain tunggal putra Taufik Hidayat harus bermain selama satu jam 10 menit menghadapi perlawanan pemain China Gong Weijie untuk meraih kemenangan 21-19,18-21, 21-14 dan membukukan tempat di perempatfinal bertemu unggulan pertama Lee Chong Wei dari Malaysia.

Kedua pemain saling mengejar dalam perolehan angka pada dua game pertama sebelum Taufik maju dengan mulus pada game penentuan untuk meraih kemenangan atas pemain yang harus melalui babak kualifikasi itu.

Selanjutnya, Taufik yang sudah keluar dari tim nasional Indonesia itu akan memperebutkan tempat di semifinal dengan Chong Wei, pemain yang menyisihkannya pada semifinal pekan lalu untuk maju ke final All England untuk pertamakalinya.

Adapun pasangan putri Greysia Polii/Nitya Krishinda gagal mengatasi ganda Denmark unggulan keenam Lena Frier Kristiansen/Kamilla Rytter Juhl yang mengalahkan mereka dua game langsung 14-21, 17-21.

Langkah dua ganda putra non pelatnas, Candra Wijaya/Joko Riyadi dan Alvent Yulianto/Hendra AG pun terhenti pada putaran kedua tersebut.

Candra/Joko kandas di tangan unggulan kedua Koo Kien Keat/Tan Boon Heong dari Malaysia dengan kekalahan 17-21, 16-21, sedang Alvent/Hendra menyerah kepada unggulan ketiga asal Korea Lee Yong Dae Shin Baek Cheol dengan angka 21-18, 16-21, 14-21.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009