Frankfurt (ANTARA) - Saham-saham Jerman bangkit dari kemerosotan hampir sepekan pada perdagangan Jumat (13/3/2020), dengan indeks acuan DAX 30 di Bursa Saham Frankfurt naik tipis 0,77 persen atau 70,95 poin, menjadi ditutup di 9.232,08 poin.

Dari 30 saham perusahaan-perusahaan besar pilihan yang tergabung dalam komponen Indeks DAX 30, sebanyak 17 saham berhasil membukukan kenaikan, 12 saham turun dan satu saham berakhir tidak berubah.

Maskapai penerbangan Jerman Lufthansa meraih keuntungan paling banyak (top gainer) dari saham-saham unggulan atau blue chips, dengan nilai sahamnya melonjak 7,26 persen.

Disusul oleh saham perusahaan jasa keuangan dan perbankan terkemuka Jerman Deutsche Bank yang terangkat 4,80 persen, serta perusahaan penyedia teknologi internet dan jasa keuangan global Wirecard menguat 4,47 persen.

Di sisi lain, perusahaan produsen mesin pesawat MTU Aero mengalami kerugian paling banyak (top loser) di antara saham-saham unggulan, dengan nilai sahamnya merosot 3,69 persen.

Diikuti oleh saham perusahaan asosiasi pengembang perumahan Vonovia yang kehilangan 1,77 persen, serta perusahaan perawatan kesehatan Eropa Fresenius SE melemah 1,72 persen.

Perusahaan perangkat lunak multinasional SAP merupakan saham yang paling aktif diperdagangkan sepanjang hari dengan nilai transaksi mencapai 1,0 miliar euro (1,11 miliar dolar AS), demikian Xinhua.

Baca juga: Bursa saham Prancis menguat 1,83 persen, akhiri penurunan beruntun

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020