Sydney, (ANTARA News) - Australia dan China akan mengadakan putaran kedua dari `dialog strategis` mengenai keamanan global dan regional di Beijing pekan depan, kata Menteri Luar Negeri Australia Stephen Smith di sini Jum`at.

"Dialog Strategis adalah pilar penting dalam perluasan hubungan bilateral kami dengan China, dan mencerminkan pentingnya hubungan antara kedua negara," katanya.

Smith akan berkunjung ke Beijing untuk melakukan pembicaraan-pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri China Yang Jiechi, demikian diwartakan AFP.

"Dialog Strategis - yang pertama dilakukan pada awal tahun lalu di Canberra - memberikan peluang waktu bagi dilanjutkannya perundingan tingkat tinggi kami dengan China mengenai masalah-masalah strategis regional dan global yang paling penting," kata Smith.

Kedua menteri juga akan membahas prioritas hubungan kedua negara secara luas, termasuk hubungan ekonomi dan perdagangan Australia dan China, kebudayaan dan persoalan-persoalan konsuler.

Smith mengatakan, hubungan bilateral yang kuat berdasarkan pertumbuhan cepat di sektor perdagangan - dengan nilai 63,7 miliar dolar Australia (41,4 miliar dolar AS) pada tahun 2007-8 - dan pentingnya perhatian bersama di kawasan Asia-Pasifik.

"Australia mempunyai sejarah panjang dan hubungan bantuan pembangunan dengan kawasan tersebut, dan meningkatnya jumlah perusahaan-perusahaan Australia memberikan peluang perdagangan yang menguntungkan di sana," ujarnya(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009