Atletik

Dua ajang besar marathon dunia ditunda gegara virus corona

Dua ajang besar marathon dunia ditunda gegara virus corona

Walikota Boston Martin Walsh berbicara pada konferensi pers untuk mengumumkan penundaan Boston Marathon di Boston, Massachisetts, 13 Maret 2020. (ANTARA/AFP/Scott Eisen)

Jakarta (ANTARA) - Dua ajang marathon besar dunia, London Marathon dan Boston Marathon, harus mengalami penundaan karena pandemi virus corona.

Edisi ke-40 London Marathon harus ditunda dari 26 April sampai 4 Oktober, sedangkan Boston Marathon ditunda dari agenda sebelumnya 20 April menjadi 14 September, demikian dilansir AFP yang dikutip di Jakarta, Minggu.

"Dunia sedang bergelut dengan pandemi COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kesehatan publik merupakan prioritas bagi semua orang," kata direktur London Marathon Hugh Brasher dalam pernyataannya.

Baca juga: Dampak pandemik COVID-19, London Marathon digeser ke Oktober

Pendekatan serupa diambil ajang marathon tahunan tertua di dunia, Boston Marathon.

Setelah Gubernur Massachusetts Charlie Baker menyatakan status darurat pada Selasa (10/3), Walikota Boston Martin Walsh memutuskan ajang tersebut tidak dapat dilaksanakan pada April, dan Boston Athletic Association (BAA) "memahami keputusan kota"

"Perihal kesehatan dan keselamatan publik, kami menggunakan panduan dari petugas-petugas yang dipercaya untuk melindungi masyarakat di area ini," kata ketua eksekutif BAA Tom Grilk.

Baca juga: Kejuaraan Asia Atletik di China dibatalkan akibat wabah virus corona

Para pejabat BAA telah bekerja sama dengan sejumlah pihak berwenang untuk menggeser acara tersebut ke 14 September.

Dengan penundaan itu, juara kategori putra tahun lalu Lawrence Cherono asal Kenya dan juara kategori putri Worknesh Degefa asal Ethiopia akan memiliki kesempatan untuk lebih banyak berlatih dalam upaya mereka mempertahankan gelar.

Cherono mungkin akan harus memilih gelar marathon mana yang akan dipertahankannya, karena ia juga merupakan juara Chicago Marathon tahun lalu yang pada tahun ini dijadwalkan berlangsung pada 11 Oktober.

Baca juga: NBA hentikan kompetisi setelah pemain Jazz positif virus corona
Baca juga: Liga Inggris dihentikan hingga 4 April

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemerintah ungkap belum semua kasus positif COVID-19 terkonfirmasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar