Tokyo,(ANTARA News)-Otoritas bandara Narita Jepang membuka kembali lalulintas penerbangan di bandara internasional tersebut, pada Selasa pukul 09.07.

Arus penerbangan komersial sudah kembali normal, begitu juga dengan penerbangan pesawat Garuda Indonesia tujuan Tokyo.

Manajer stasiun Garuda Indonesia di bandara Narita, Nuralim Nugrahono mengemukakan hal itu kepada ANTARA di Tokyo, Selasa, berkaitan dengan perkembangan terbaru situasi di bandara utama Jepang setelah terjadinya kecelakaan pesawat FedEx Senin (23/3).

"Bandara Narita sudah dibuka sejak 09.07 dan penerbangan Garuda GA-880 dari Jakarta sudah bisa mendarat lagi sekitar pukul 10.51 waktu setempat," katanya.

Posisi pesawat Garuda saat ini, katanya, masih mengudara di sekitar kawasan Okinawa dan baru sejam lagi akan tiba di Narita.

Pembukaan kembali bandara Narita dilakukan setelah upaya membersihkan landasan pacu dari sisa-sisa badan pesawat FedEx yang terbakar hebat pada Senin selesai dilakukan.

Landasan pacu utama untuk pesawat-pesawat berbadan lebar (jumbo jet) seperti Boeing seri 747 dan 777 sebelumnya masih ditutup.

Sejak terjadinya kecelakaan pesawat FedEx, seluruh penerbangan dialihkan ke bandara-bandara terdekat, seperti Haneda (Tokyo), Osaka, dan Nagoya.

Penyebab kecelakaan pesawat jenis MD11 itu sendiri masih diselidiki secara intensif, namun diyakini akibat tiupan angin yang kencang sehingga menyulitkan pilot saat melakukan pendaratan.

Ia mengatakan, lalulintas penerbangan di bandara Narita kini sudah kembali normal. Penerbangan Garuda dari Jakarta memang sengaja di tangguhkan untuk menyesuaikan dengan situasi pembukaan bandara Narita, sehingga saat landing sudah langsung bisa dilakukan tanpa perlu dialihkan lagi.

Umumnya penerbangan Garuda dari Jakarta tiba di bandara Narita pukul 07.20 waktu setempat.(*)
     

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009